10 Bisnis Model Yang Menghasilkan Omset Milyaran

10 Bisnis Model Yang Menghasilkan Omset Milyaran

Saya ucapkan selamat datang bagi Anda yang sudah berkunjung ke situs ini.

Perkenalkan nama saya I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika, owner dan founder Rocket Bali, salah satu brand fashion khas Bali yang menjual tropical fashion dengan metode digital marketing. Anda bisa follow Instagram saya di @zenarocet

Okey tanpa banyak basa-basi Anda pasti penasaran apa saja bisnis model yang menghasilkan omset milyaran kan?

Sebelum membahas kesepuluh poin tersebut, terlebih dahulu Ada harus mengetahui definisi dari binis model.

Bisnis Model adalah suatu model yang menguraikan bagaimana suatu perusahaan bergerak dalam mendapatkan keuntungan.

Nah sampai disini paham kan?

Dari definisi diatas bisnis model ini bermanfaat untuk membantu perusahaan menghasilkan produk yang berkualitas untuk pasar, melemahkan kompetitor, membuat kompetitor menjadi sekutu, dan yang paling penting adalah berguna untuk menguasai pasar.

Bisnis model ini juga berguna agar revenue streams atau sumber pendapatan perusahaan tetap berjalan dan membuat perusahaan tetap hidup.

Perlu diingat bisnis model ini bukanlah bisnis planning ya. Lalu apa saja syarat dari bisnis model ini agar bisa berjalan?

3 Syarat bisnis model

  1. Segala sesuatu hal yang dilakukan perusahaan untuk memproduksi produk, mendasain produk, sumber daya apa guna menciptakan produk tersebut.
  2. Segala sesuatu yang dilakukan untuk menjual produk, baik itu dari budget marketing, penawaran spesial, atau hal lainnya guna menghasilkan penjualan.
  3. Yang ketiga adalah untuk mendapatkan income atau penghasilan dalam bentuk omzet/ uang.

3 Syarat model diatas terdapat 10 model bisnis yang bisa Anda pilih dan terapkan

1. Advertising

Advertesing
Advertesing

Advertising adalah suatu media pemasaran dimana perusahaan menyediakan atau menjual space / ruag iklan kepada orang lain.

Bisnis model advertising ini bisa dalam bentuk offline seperti membuat billboard kemudian disewakan, iklan pada website jika Anda memiliki website, atau mungkin Anda memiliki tempat tinggal atau rumah yang ada tembok besar dan terletak di keramaian, bisa juga Anda manfaatkan untuk advertising.

2. Afiliasi marketing

Afiliasi marketing
Afiliasi marketing

Affiliate atau afiliasi marketing sering juga dikenal sebagai konsinyasi / dropshipping atau juga menitipkan produk kepada orang lain.

Apa sih manfaat dari melakukan afiliasi marketing ini bagi bisnis Anda?

Jika Anda sudah memiliki bisnis, Anda bisa membuat suatu afiliasi untuk membuat bisnis Anda tambah besar.

Selain menjual produk pribadi, Anda juga bisa menjadi afiliasi produk orang lain atau menjadi partnership mereka.

3. Broker

Broker
Broker

Bisnis model yang ketiga adalah menjadi seorang broker, apa sih itu broker? Broker adalah seseorang yang mempertemukan klien dengan pemiliki bisnis, kemudian broker akan mendapatkan keuntungan dari pemilik bisnis karena sudah mempertemukan klien tersebut.

Tugas dari seorang broker hanya mempertemukan saja, namun broker sudah lepas tanggung jawab setelah itu.

4. Franchise

Franchise
Franchise

Jika Anda ingin mengembangkan dan memperbesar skala bisnis Anda, maketing dengan teknik franchise merupakan pilihan yang bagus.

Definis dari franchise adalah bisnis original yang ada kemudian menjual produk atau paket yang memakai nama, ide, strategi untuk menjalankan bisnis tersebut.

Mudahnya bisnis model franchise ini memberikan izin penuh terhadap seseorang untuk menjadi bagian dari bisnis Anda.

Kita yang menata, kita memberikan karyawan, atau ingin pemilik franchise untuk melakukan hal itu, terserah Anda.

Salah satu contoh franchise adalah minimarket seperti indomaret, alfamart, KFC, Pizza Hut, dan lain sebagainya.

Baca juga : Ciri-ciri Bisnis Yang Bagus Untuk Anda Pilih Dan Kembangkan

5. Freemium

Freemium
Freemium

Bisnis model yang kelima adalah freemium.

Freemium adalah sebuah model bisnis yang bekerja dengan menawarkan layanan mendasar secara cuma-cuma, dan mengenakan biaya premium hanya untuk fitur khusus atau lanjutan. Kata “freemium” merupakan gabungan lebur yang dibuat dengan mengombinasikan dua aspek dari model bisnis ini, yaitu “free” dan “premium”

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Freemium

Anda sebetulnya saat ini sudah sangat banyak menggunakan layanan yang memilik bisnis model freemium, contohnya dari google, seperti google drive, untuk 15 Gb space Anda gratis, namun jika ingin menaikan space storage tersebut, Anda harus mengeluarkan biaya yang lumayan besar.

Banyak marketplace di indonesia juga menerapkan bisnis model ini, contohnya tokopedia, bukalapak.

Jika Anda menjadi penjual di tokopedia misalnya, untuk menjual produk di tokopedia memang gratis, namun jika Anda ingin mendapatkan tranffic yang lebih tinggi dan produk Anda bisa terlihat oleh banyak calon customer di tokopedia tersebut, Anda bisa membayar iklan berbayar dari tokopedia.

App yang ada di playstore juga banyak menggunakan model bisnis ini, apakah Anda mempunyai ide untuk membuat bisnis dengan model freemium ini?

6. Leasing

Leasing
Leasing

Apasih beda leasing dengan kredit?

Kredit adalah melakukan pinjaman uang di bank, kemudian uangnya dipake membeli barang, kemudian cicilannya dibayar di bank.

Sedangkan leasing adalah orang yang menjual merupakan orang yang memiliki barang tersebut. Contohnya adalah leasing dengan barang seperti mobil, leasing ibaratnya Anda menyewa dan akhirnya membeli barang tersebut.

7. Marketplace

Marketplace
Marketplace

Marketplace adalah sebuah website atau sistem aplikasi yang mengakomodir penjual, pembeli, affliate, dan juga broker untuk bisa melakukan transaksi utama yaitu jual beli.

Konsep dari marketplace ini hampir mirip dengan pasar tradisional dan juga department store. Orang menaruh atau menitipkan produk yang mereka jual dan memperoleh penghasilan dari barang yang laku terjual.

Baca juga : 5 Cara Ampuh Mendapatkan Ide Bisnis Untuk Pemula

8. Berlangganan

Bisnis model yang kedelapan ini juga menarik, yaitu menciptakan sesuatu yang mengharuskan pelanggan untuk melakukan pembayaran secara rutin.

Produk yang berlangganan ini sangat bermacam-macam jenisnya, ada service atau jasa, wifi, subscrption seperti koran atau yang lainnya.

Sekarang bagi Anda menentukan produk apa yang cocok untuk Anda konversikan menjadi bisnis model berlangganan ini.

9. Fractionalization

Fractionalization
Fractionalization

Fractionalization adalah salah satu konsep dasar dari sharing economy.

Contohnya seperti sharing mobil, setiap berjalan perkilometer dikenakan biaya sekian ribu, penyewaan alat berat, atau mungkin camera.

Inti dari fractionalization adalah beli atau bayar sesuai dengan pemakaian.

10. Reverse Auctions

Reverse Auctions
Reverse Auctions

Auctions atau letang adalah salah satu proses menjual atau membeli barang dengan cara menawarkan kepada penawar dengan harga tertinggi.

Dalam lelang biasa ada satu produk yang ditawar oleh banyak penawar sedangkan reverse auctions atau lelang terbalik adalah ada 1 orang penawar dan banyak pilihan produknya.

Nah itu dia kesepeluh bisnis model yang bisa Anda terapkan jika Anda ingin melakukan ekspansi bisnis atau Anda ingin menghasilkan omset milyaran.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika Anda tertarik ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar keuangan dan bisnis, Anda bisa kunjungi situs ini.

Jika Anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran, Anda bisa sampaikan dikolom komentar ya. Jangan lupa share postingan ini jika menurut Anda bermanfaat.

Terimakasih sudah membaca artikel ini.

You May Also Like

About the Author: I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *