5 Cara Menabung Yang Benar Agar Cepat Terkumpul Banyak

Cara Menabung Yang Benar Agar Cepat Terkumpul Banyak

Kebanyakan orang saat ini hidup begitu boros dan konsumtif, barang-barang terbaru yang keluar dipasaran selalu saja laku terjual. Meskipun mereka yang membeli barang tersebut sebenarnya tidak terlalu membutuhkannya.

Daripada uang Anda dihabiskan untuk hal-hal yang tidak terlalu berguna, sebaiknya Anda melakukan alokasi asset, salah satunya dengan cara menambung, baik itu menabung dengan uang tunai, emas, reksadana, atau bahkan saham.

Mungkin saya akan membahas instrumen yang terbaik untuk Anda sisihkan sebagai tabungan dilain artikel, saat ini saya akan memberikan informasi mengenai cara menabung yang benar agar kelak bisa Anda manfaatkan.

Berikut 5 tips menabung agar cepat terkumpul

1. Merencanakan sebelum membelanjakan uang

Merencanakan sebelum membelanjakan uang
Merencanakan sebelum membelanjakan uang

Salah satu agar tabungan anda cepat terkumpul adalah selalu merencanakan pengeluaran setiap bulannya. Baik dengan cara mencatat pengeluaran seperti untuk transportasi, untuk makan, komunikasi seperti pulsa dan paket internet, dan hal sebagainya yang Anda butuhkan.

Dari hasil rekapitulasi pengeluaran tersebut, maka Anda akan mendapatkan nominal pengeluaran Anda setiap bulan, apakah itu lebih besar dari pemasukan atau pendapatan Anda? Atau malah sebaliknya.

Dengan mencatat pengeluaran ini juga sangat membantu Anda memisahkan uang untuk kebutuhan, untuk kesenangan, dan untuk masa depan Anda dengan cara ditabung.

2. Mulai kebiasaan hidup efisien

Mulai-kebiasaan-hidup-efisien
Mulai-kebiasaan-hidup-efisien

Jika disimpulkan arti dari efisien adalah mengerjakan atau menghasilkan sesuatu tanpa membuang-buang waktu, tenaga, dan juga biaya.

Nah dari kata efisien ini Anda harus belajar untuk tidak boros serta membeli barang yang tidak terlalu diperlukan.
Contohnya ketika makan, jika Anda sudah cukup makan hanya 1 piring dan sudah membuat Anda kenyang dan berenergi, sebisa mungkin untuk makan hanya 1 piring saja dan tidak menambah pengeluaran dengan membeli 1 porsi makanan lagi.

Karena jika Anda sudah bisa belajar mengendalikan emosional ketika berbelanja, maka uang Anda bisa terkumpul dan dapat digunakan untuk keperluan yang lebih penting seperti membuka bisnis atau hal yang produktif lainnya.

3. Melupakan jumlah tabungan

Melupakan-jumlah-tabungan
Melupakan-jumlah-tabungan

Cara ketiga yang saya berikan ini memang sedikit unik, Anda harus melupakan jumlah tabungan yang Anda miliki. Kenapa harus dilupakan? Karena jika Anda memiliki tujuan akhir, katakanlah membeli tanah seharga 300 juta rupiah, jika Anda memperhitungkan jumlah tabungan yang Anda sisihkan dan Anda merasa kelamaan, bukan tidak mungkin Anda akan menjadi frustasi karena merasa lama untuk bisa mencapai nominal tersebut. Jika Anda frustasi bukan tidak mungkin Anda akan membelanjakan uang tersebut.

Nah, waktunya bagi Anda untuk menabung saja, dan lupakan jumlah yang sudah Anda tabung.

4. Menyisihkan uang kecil

Mulai-kebiasaan-menyisihkan-uang-kecil
Mulai-kebiasaan-menyisihkan-uang-kecil

Uang tetaplah uang, meskipun nominalnya kecil, jika Anda memilikinya dalam jumlah banyak, maka nominalnya bisa menjadi besar.

Disini Anda harus bisa merubah mindset Anda sendiri, jangan pernah untuk menyepelekan uang kecil, meskipun hanya 500 perak.

Mulailah untuk menyisihkan uang kecil jika Anda belum bisa menyisihkan uang besar, karena jika Anda sudah terbiasa menyisihkan uang kecil, pasti Anda akan dengan mudah untuk menyisihkan uang dengan nominal yang lebih besar.

Besar maupun kecil nominal uang yang Anda tabung, Anda harus tetap mengelolanya dengan baik, jangan sampai terpengaruh secara emosional.

5. Kebiasaan menunda pengeluaran

Kebiasaan-menunda-pengeluaran
Kebiasaan-menunda-pengeluaran

Cara yang terakhir agar Anda tabungan Anda menjadi cepat banyak adalah untuk menunda pengeluaran. Selalu pisahkan pengeluaran yang urgen atau mendesak sekali dan yang tidak urgen.

Misalkan Anda ingin membeli smartphone keluaran terbaru, jika Anda sudah datang ke kios yang menjual smartphone dan sudah membawa cukup uangnya, cobalah tunda sampai besok, sampai dirumah Anda akan memikirkan lagi dan sadar apakah smartphone tersebut Anda butuhkan dan layak untuk dibeli.

Namun jika Anda tetap membeli smartphone tersebut, pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan membuat produktifitas Anda meningkat. Sehingga sisa dari uang yang Anda rencanakan untuk membeli smartphone yang bagus bisa Anda sisihkan untuk Anda tabung kembali.

Itu saja kelima cara menabung yang benar dan membuat uang Anda terkumpul lebih banyak. Biasakanlah untuk hidup hemat dan bekerja lebih giat lagi, berpikir secara kreatif untuk melihat peluang baru.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Yagampang, no ruet-ruet.

5/5 (1)

Please rate this

You May Also Like

Avatar

About the Author: I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *