8 Cara Investasi Emas Batangan untuk Pemula

8 Cara Investasi Emas Batangan untuk Pemula

Naiknya harga emas secara signifikan selama 2020 membuat logam mulia yang satu ini makin dilirik untuk dijadikan instrumen investasi. Emas batangan dianggap bisa menjadi jenis investasi minim risiko yang bisa memberikan keuntungan besar di masa mendatang. Melalui Mega Investasi Link maupun Mega Prima Link dari PFI Mega Life, Keduanya merupakan produk asuransi jiwa yang sekaligus memberikan Anda kesempatan untuk berinvestasi. Cari tahu lebih lanjut mengenai Produk Mega Investasi Link melalui sumber langsungnya di web PFI.

Jika dilihat dari sejarahnya, melakukan investasi emas memang sangat menarik. Ini karena tidak ada histori yang memperlihatkan penurunan harga emas yang signifikan dari waktu ke waktu.

Anda pun mungkin termasuk ke kelompok orang yang mulai mencari cara investasi emas begitu melihat perkembangan nilai emas yang luar biasa sepanjang tahun lalu. Namun, berhati-hatilah. Jangan sampai rencana investasi hanya ikut-ikutan dan berujung pada kerugian.

Setidaknya ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan dalam berinvestasi emas agar menguntungkan.

8 Cara Investasi Emas Batangan bagi Pemula

1. Sisihkan Dana Bulanan

Anda mungkin langsung tertarik untuk melakukan investasi emas begitu melihat pergerakan nilai emas yang melonjak hingga hampir Rp 300.000 dalam setahun untuk setiap 1 gramnya. Anda pun berpikiran untuk langsung membeli emas batangan dalam jumlah besar guna bisa mendapatkan keuntungan besar.

Namun, yang mesti menjadi pertanyaan, dari mana dana untuk membelinya?

Sangat tidak disarankan memulai investasi emas dengan berutang. Pastikan uang yang Anda gunakan untuk membeli emas sudah disisihkan sejak awal. Anda juga sebaiknya tidak mengambil dana darurat atau dana asuransi untuk membeli emas. Cara investasi emas yang tepat tak lain adalah menyisihkan dana secara khusus untuk melakukan pembelian.

2. Pilih Produsen Terpercaya

Saat memulai investasi emas batangan, Anda mungkin bingung dengan banyaknya pilihan produsen emas batangan yang ada di pasaran. Sebagai pemula, Anda pun mungkin pada akhirnya tertarik untuk membeli emas batangan dengan nilai termurah. Hal ini tidak disarankan.

Perbedaan belasan ribu untuk mencari yang termurah bisa menjerumuskan Anda ke potensi kerugian besar. Ini karena produsen emas yang Anda beli tidak terpercaya dan ada indikasi kualitas emasnya buruk.

Dalam memulai investasi emas, Anda sebaiknya lebih memilih emas batangan dari produsen terpercaya. Di Indonesia, ada dua merek emas batangan yang terpercaya, yaitu Antam dan UBS. Namun sejauh ini, banyak orang lebih memilih emas batangan dari Antam. Anda bisa langsung mendatangi gerai emas di kantor Antam yang ada di kota Anda.

3. Jangan Terdesak Momen

Sebagian orang menganggap cara investasi emas yang tepat adalah menunggu momen yang pas di mana harga emas tengah menurun. Saat itu, sebaiknya Anda langsung melakukan pembelian emas batangan dalam jumlah agak besar.

Pertanyaannya, dari mana Anda mengetahui momen yang benar-benar tepat untuk membeli emas? Ujung-ujungnya, Anda akan terus menunda pembelian hingga investasi menjadi tidak terjalankan sesuai rencana.

Cara investasi emas terbaik bukanlah perkara momen yang tepat, melainkan pada langkah konsisten Anda. Jika uangnya sudah mencukupi untuk mulai berinvestasi, mulailah untuk segera membeli emas batangan. Sebaliknya ketika harga emas tengah turun, namun dana Anda belum ada, tidak usah terburu-buru membelinya hingga harus berutang.

4. Berinvestasi Ukuran Kecil

Dalam melakukan investasi emas, memang lebih baik jika Anda langsung membeli dalam ukuran besar. Semakin besar ukuran emas batangan yang Anda beli, harga per gramnya akan lebih murah karena ongkos cetaknya yang lebih rendah.

Namun bagi Anda yang baru memulai investasi emas, tidak ada salahnya untuk memulai investasi dengan emas batangan berukuran kecil. Memang ada perbedaan harga yang sedikit lebih tinggi daripada membeli emas dengan ukuran yang besar.

Perbedaan harga tersebut tidak akan mencapai ratusan ribu rupiah. Memulai membeli emas dengan ukuran kecil lebih menguntungkan. Cara ini dapat menghindarkan Anda dari risiko kenaikan harga emas yang mungkin lebih mahal.

5. Siapkan Tempat Penyimpanan

Sudahkah Anda berpikir di mana akan menyimpan emas-emas batangan tersebut? Kesalahan terbesar dalam berinvestasi emas adalah tidak mempertimbangkan tempat penyimpanannya. Menyimpan emas secara sembarangan berisiko terjadi pengikisan yang bisa mengurangi nilai emas. Dalam jangka panjang, hal ini dapat merugikan Anda.

Cara menyimpan emas yang paling baik tentulah di deposit box di bank. Namun, jika Anda baru memulai investasi dan hanya memiliki emas batangan dalam jumlah sedikit, tidak disarankan untuk menyimpan di deposit box.

Biaya sewa di deposit box akan membuat Anda mengeluarkan biaya tahunan tambahan yang tidak diperlukan. Biaya tersebut sulit tertutupi apabila besaran emas yang Anda miliki di bawah 100 gram. Lebih baik membeli brankas kecil untuk menyimpan emas batangan Anda di rumah.

6. Beli Ukuran Beragam

Cara Investasi Emas Batangan Antam
Cara Investasi Emas Batangan Antam

Tidak sulit untuk memulai investasi emas jika Anda memiliki dana yang berlimpah. Anda pun mungkin akan segera mencari cara investasi emas Antam yang terpercaya dan melakukan pembelian dalam jumlah besar.

Hal ini sah-sah saja. Namun, ketika melakukan pembelian, Anda disarankan tidak tergoda membeli emas batangan dengan ukuran yang sangat besar. Membeli emas dengan ukuran beragam akan lebih memudahkan Anda dalam menjual emas tersebut jika ada kebutuhan sewaktu-waktu.

Cara investasi emas yang tepat adalah membagi ukuran emas yang Anda investasikan. Sebagai contoh ketika Anda memiliki dana untuk membeli 100 gram emas batangan, alangkah lebih baik Anda membeli 5 lempengan dengan ukuran beraneka ragam; misalnya 2 lempeng emas ukuran 5 gram, 2 lempeng ukuran 10 gram, 1 lempeng ukuran 20 gram, dan 1 lempeng ukuran 50 gram.

7. Pikirkan Menabung Emas

Cara investasi emas tidak harus dengan membeli emas batangan di toko atau gerai produsen tertentu. Anda juga bisa melakukan investasi emas dengan memilih cara tabungan emas.

Cara menabung emas tidak ubahnya seperti Anda menabung biasa. Anda bisa menyetorkan sejumlah uang tiap kali memiliki kelebihan dana bulanan. Dana yang Anda setorkan nantinya akan dikonversi ke besaran emas berdasarkan harga emas batangan pada saat Anda menabung.

Sudah ada beberapa lembaga yang menyediakan pilihan cara menabung emas ini, tidak terkecuali seperti badan usaha milik negara (BUMN) Pegadaian. Keuntungan menabung emas adalah Anda bisa mulai memiliki investasi emas, walaupun dana Anda terbatas.

Bayangkan saja dengan uang Rp 50.000 pun, Anda bisa menabung emas. Hanya saja, konsep menabung emas masih belum bisa diterima sebagian orang. Ini karena tidak adanya penyerahan bentuk fisik emas ketika transaksi dilakukan.

8. Investasi Jangka Panjang

Syarat mutlak dalam berinvestasi emas adalah jangan memikirkan bahwa emas-emas tersebut akan memberikan keuntungan besar dalam waktu singkat. Perkembangan harga pada tahun 2020 tidak bisa dijadikan patokan.

Lonjakan harga emas yang demikian umumnya hanya terjadi 1 dalam 10 tahun. Selebihnya, perkembangan harga emas tahunan umumnya hanya di kisaran 4—5 persen.

Anda merasa perkembangan harga tersebut sangat kecil dan hanya setara inflasi? Nyatanya memang demikian. Emas lebih cocok dijadikan investasi jangka panjang karena perkembangannya nilainya baru akan terasa setelah di atas 5 tahun. Jadi bagi Anda yang ingin mencari untung cepat dalam 1—2 tahun, sebaiknya tidak mencari cara investasi emas.

Tidak sulit bukan menemukan cara investasi emas bagi pemula yang sesuai dengan isi dompet? Sebelum memulai investasi emas, sebaiknya Anda memastikan sudah memiliki asuransi terlebih dahulu.

Jika sudah terlalu ingin berinvestasi padahal asuransi belum ada, tidak ada salahnya mencari produk asuransi yang menyediakan fasilitas investasi sekaligus. Contohnya ada Mega Investasi Link maupun Mega Prima Link dari PFI Mega Life. Keduanya merupakan produk asuransi jiwa yang sekaligus memberikan Anda kesempatan untuk berinvestasi.

No ratings yet.

Please rate this

You May Also Like

Avatar

About the Author: I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *