Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian, Gampang!

Cara-Buka-Tabungan-Emas-di-Pegadaian

Jika saat ini Anda memiliki uang sekitar 10 juta rupiah, apakah Anda akan menaruh uang tersebut di bank dalam bentuk tabungan atau Anda memilih untuk menaruhnya pada instrumen investasi dengan bentuk emas? Sehingga Anda berakhir pada artikel ini.

Perlu Anda ketahui jika uang yang Anda miliki tersebut jika hanya Anda diamkan saja, nominal uang Anda tersebut akan tergerus oleh inflasi, alias nilai instrinsiknya atau nilai tukar uang tersebut akan berkurang karena semua harga barang secara umum meningkat terus-menerus.

Sebagai contoh sederhana, tahun 2010 harga indomie goreng dibanderol rata-rata Rp. 1500 di minimarket, jika dibandingkan dengan sekarang pada tahun 2021, harga rata-rata indomie goreng berkisar di harga Rp. 2500 perbungkus. Sumber harga indomie (bisnis.tempo)

Anggap jika Anda memiliki uang Rp. 5000 dan ingin membeli mie goreng pada tahun 2010, Anda akan mendapatkan 3 bungkus mie goreng dan ada sisa Rp. 500.

Namun lain halnya jika Anda membeli mie goreng pada tahun 2021, Dengan uang Rp. 5000 Anda hanya akan mendapatkan dua bungkus mie goreng.

Dapat disimpulkan inflasi yang terjadi sudah sangat berdampak pada kehidupan Anda kedepannya.

Untuk memperhitungkan hal itu, salah satu cara terbaik untuk menyelamatkan aset Anda dari gerusan inflasi adalah dengan menabung emas atau membeli emas batangan atau perhiasan secara langsung.

emas batangan logam mulia

Kenapa menabung emas menjadi pilihan? Karena emas adalah salah satu komoditas tidak terkena inflasi, bahkan jika terjadi inflasi yang ekstrim, maka harga emas akan naik siginifikan. Hal ini disebabkan oleh melemahnya nilai tukar uang di masyarakat.

Sama seperti yang kita kenali bersama emas, tiap tahunnya harga emas alami peningkatan dan jarang-jarang sekali alami pengurangan atau pengurangan yang terjadi benar-benar lama. Data terbaru, harga emas logam mulia Antam per tanggal 11 Februari 2021 ialah Rp. 940.000 per gram.

Sudah pasti, menabung emas menjadi alternatif investasi yang minim resiko dan cocok untuk merealisasikan arah keuangan Anda dan keluarga.

Tabungan Emas ialah salah satu layanan pembelian dan pemasaran emas dengan bentuk logam mulia lewat sarana seperti menabung. Mekanisme menabung emas ini benar-benar dapat dijangkau, yaitu mulai bisa nabung emas dengan besaran 0,01 gr. Layanan nabung emas tentu saja memberi keringanan ke warga luas untuk dapat melakukan investasi emas.

Tempat untuk menabung emas terbaik salah satunya adalah di Pegadaian.

Baca: Cara Mudah Buka Tabungan Emas Antam

Apa kelebihan menabung emas di Pegadaian?

emas antam di pegadaian
  • Menabung emas di Pegadaian sangat mudah, Anda bisa datang langsung atau mendaftar via website pegadaian.
  • Pembelian emas dengan modal minim.
  • Emas yang sudah terkumpul bisa dicetak ke bentuk fisik dengan berbagai kepingan, mulai dari 1 gram hingga 100 gram.
  • Investasi emas bisa dilakukan dengan jangka waktu pendek atau panjang, dan sangat bagus untuk diversifikasi asset yang Anda miliki, seperti saham, reksadana, deposito, maupun properti.
  • Emas adalah salah satu bentuk investasi yang likuid, yang jika Anda ingin menjual emas tersebut, pasti akan mudah terjual atau laku dengan cepat.
  • Pegadian juga menjamin emas Anda adalah kadarnya murni 24 karat.
  • Jika Anda memerlukan uang, Anda bisa gadai tabungan emas Anda untuk mendapatkan uang tunai, jika Anda membutuhkan uang dalam keadaan mendesak.

Berikut Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian

buka tabungan emas
buka tabungan emas

Untuk cara buka tabungan emas di Pegadian sangatlah gampang, Anda bisa melakukannya secara offline dengan datang langsung atau secara online dengan mengisi formulir secara digital seperti pendaftaran bank-bank bumn saat ini.

Langkah buka Tabunga Emas Pegadaian secara Offline:

  • Tiba di Kantor Pegadaian atau Agen Pegadaian paling dekat di kota Anda. Membawa foto copy KTP .
  • Isi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas.
  • Bayar ongkos pembukaan rekening Rp10.000 dan ongkos sarana titipan sepanjang 12 bulan sejumlah Rp30.000,-.
    Lalu, proses pembelian emas bisa dilaksanakan dengan kelipatan 0.01 gr sesuai harga emas terbaru. Misalkan bila Anda ingin beli 1 gr per tanggal 11 Februari, karena itu harga membeli sejumlah Rp 940.000.
  • Untuk top up atau menabung, Anda dapat menyerahkan dana Anda lewat toko Pegadaian, internet banking, ATM, atau sistem pembayaran yang lainnya.
  • Minimum saldo rekening tabungan emas di Pegadaian ialah 0.1 gr dan untuk transaksi top up dimulai dari 0,01 gr dan maksimal 100 g setiap harinya.
  • Transaksi emas dapat dilaksanakan dengan datang langsung di Kantor Cabang Pegadaian tempat pembukaan rekening dengan memperlihatkan Buku Tabungan dan Identitas diri yang asli.

Baca: 8 Keuntungan membuka tabungan emas online

Langkah buka Tabungan Emas Pegadaian secara Online:

  • Unduh terlebih dahulu Pegadaian Digital di Playstore atau Appstore.
  • Isi formulir permintaan pembukaan rekening tabungan emas.
  • Lampirkan juga Kartu Tanda Penduduk Anda.
  • Bila ingin cetak buku tabungan emas, Anda harus datang langsung ke gerai Pegadaian pembuka Tabungan Emas yang Anda pilih di aplikasi, pastikan dipilih yang dekat dengan tempat Anda tinggal, untuk pengambilan buku tabungan emas maksimal enam bulan semenjak pembukaan dari akun Pegadaian.

Panduan Menabung Emas di Pegadaian

cetak emas fisik antam di pegadaian

Sebelum mulai menabung emas sebaiknya Anda lakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui harga emas saat ini apakah mahal atau murah.

Jika Anda membeli emas pada saat harga turun, Anda akan diuntungkan kedepannya jika harga emas tesebut naik, namun jika Anda membelinya dalam kedaan tinggi atau mahal, makan hasil investasi emas Anda menjadi kurang optimal.

Anda bisa mengecek harga emas langsung di google.

Selanjutnya tentukan langkah pendaftaran, baik melalui offline maupun online.

Sesudah semua usai, Staff Pegadaian akan menyuruh Anda untuk membayar ongkos administrasi, dan ongkos penitipan emas dan setoran uang pertama tabungan emas.

Baca: Untuk investasi pilih emas batangan atau emas perhiasan?

Jika Anda ingin hasil investasi emas yang optimal dan memuaskan, rajin-rajinlah menabung emas dan berusahalah menunda kesenangan untuk mendapatkan kesenangan lebih banyak nantinya.

Perlu diingat jika saldo tabungan emas Anda kurang dari 0,1 gram atau sejumlah Rp. 30.000, Maka tabungan emas Anda akan otomatis ditutup oleh pihak Pegadaian.

Jika Anda ingin melakukan konversi tabungan emas Anda ke bentuk emas fisik, Anda bisa melakukannya di aplikasi pegadaian digital, kemudian Anda cari menu cetak emas, pastikan saldo emas Anda mencukupi untuk dicetak. Perlu diingat juga cetak emas fisik hanya bisa dilakukan di tempat Anda membuka rekening tabungan emas.

Selama saat program nabung emas ini berjalan, Anda tak perlu takut seandainya emas Anda akan raib atau terjadi beberapa hal yang tidak diharapkan, karena emas yang Anda investasikan akan tersimpan secara baik oleh Pegadaian, dan sudah jadi tanggung jawab petugas pegadaian itu.

Jadi nabung emas itu memberikan keuntungan dan minim resiko. Saat sebelum nabung emas, Anda harus memahami dahulu apa yang perlu Anda siapkan dan tentunya Anda harus lebih waspada supaya terhindar dari penipuan program tabungan emas yang ramai tersebar lewat media sosial. Yakinkan Anda memperoleh info yang sah dari web PT . Pegadaian dan Sosial Media sah dari PT . Pegadaian.

Jangan juga termakan isu-isu atau hoax seputar investasi emas yang terlewat menggiurkan, dan selalu telusuri dan cari tahu informasi penting untuk mengoptimalkan investasi emas Anda. Kalau kata Om Deddy Corbuzier, jadilah Smart Perople.

Terima kasih sudah membaca artikel cara membuka tabungan emas ini.

Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk Anda.

Ya Gampang, no ruwet-ruwet.

No ratings yet.

Please rate this

You May Also Like

Avatar

About the Author: I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *