Cara Gampang Menentukan Target Market yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Cara Gampang Menentukan Target Market yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Sebelum memulai penjualan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan survey untuk menentukan target market dari produk yang nantinya akan Anda pasarkan.

Seperti value apa saja yang nantinya akan Anda berikan kepada customer Anda, definisi keuntungan yang bisa Anda berikan kepada customer Anda, dan hal-hal lainnya.

Persona dari brand Anda juga perlu ditentukan, apakah Anda menginginkan brand persona yang ramah dengan kata-kata yang santai, brand persona yang sopan dan menggunakan bahasa yang baku, atau Anda menentukan brand persona Anda sendiri sesuai dengan target market Anda sendiri, entah itu anak muda maupun dewasa.

Umumnya brand persona dari bisnis Anda didasari oleh umur dari taget market Anda, tempat atau letak geografis dari market Anda, kebiasannya seperti apa, entah itu cenderung sering bermain media sosial, masalah yang sering mereka alami, hanya Anda sendiri yang bisa mengira-ngira. Apa saja hal yang perlu Anda ketahui untuk bisa suskses memasarkan produk Anda nantinya.

1. User research

Lakukan User Research
Lakukan User Research

User research merupakan kunci penting jika Anda akan memulai suatu bisnis atau usaha. Seperti yang saya katakan diatas, tidak hanya terletak pada umur dan lokasi geografis saja, namun kebiasaan dan hal yang mereka sukai juga perlu Anda ketahui.

2. Tentukan objections

Tentukan objections
Tentukan objections

Selanjutnya tentukan objection mereka, apa yang sebenarnya menjadi keberatan mereka tidak membeli produk serupa atau produk Anda nantinya.

Berikan solusi yang bisa membuat calon customer Anda berkata bahwa produk Anda adalah solusi dari permasalah mereka.

Dalam menjalankan bisnis, satu kata yang penting untuk Anda ingat yaitu “How to solved the problem of your customer“.

Sampai customer sudah menyakan harga, hingga melanjutkan ke tahap transaksi, maka Anda tinggal memberikan cover atau bundle produk yang menarik agar customer Anda bisa membeli produk secara berkelanjutan kepada Anda.

Baca juga : Cara meningkatkan penjualan dengan menemukan keresahan customer

3. Harus kenal user produk kita

Harus kenal user produk kita
Harus kenal user produk kita

Dalam menentukan tager market bisnis yang tepat, Anda harus mengenal pasaran dari produk Anda sendiri.

Sebelum langsung meluncurkan produk, ada baiknya Anda coba tanyakan terlebih dahulu produk Anda kepada kerabat atau pada lingkungan sekitar Anda, bagaimana produk Anda, apa kekurangannya, apa yang perlu diperbaiki, dan lain sebagainya.

Setelah Anda menemukan hal tersebut, maka itulah waktu yang tepat untuk Anda meluncurkan produk. Sehingga pembeli pun akan mengantri membeli produk yang Anda tawarkan.

Poin yang saya tekankan pada artikel kali ini adalah user research itu sangat penting.

Jika nantinya produk yang Anda pasarkan tidak laku juga, berarti ada yang salah pada saat Anda melakukan research produk sebelum memulainya.

Itu saja artikel yang dapat saya berikan kali ini untuk Anda, jika Anda ingin mendapatkan informasi seputar bisnis, keuangan, dan tutorial, Anda bisa selalu mengunjungi situs ini ya.

Yagampang.com, no ruet-ruet.

5/5 (1)

Please rate this

You May Also Like

Avatar

About the Author: I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *