5 Cara Ampuh Mendapatkan Ide Bisnis Untuk Pemula

Cara ampuh mendapatkan ide bisnis kreatif bagi pemula

Menentukan usaha atau bisnis yang bagus itu memang sulit, namun sulit atau mudahnya dari suatu usaha tidak ditentukan dari idenya saja, tapi dari bagaimana Anda sebagai wirausahawan bisa menjalankan bisnis tersebut.

Nanti masalah sulit atau mudahnya akan ketahuan jika Anda sudah menjalankan bisnis tersebut, bukan hanya memikirkannya saja.

Keahlian dan juga pengalaman juga berperan penting agar bisnis bisa berkembang dan maju secara pesat, tidak hanya diam atau stagnan, tanpa ada kenaikan atau parahnya lagi terjadi penurunan terhadap bisnis yang Anda geluti.

Lalu bagaimana caranya menemukan ide bisnis dan peluang usaha yang bagus untuk pemula?

Perlu saya tekankan sekali lagi, semua bisnis itu bagus, suatu bisnis bisa dikatakan bagus jika mengahasilkan profit atau keuntungan bagi sang wirausaha, namun jika wirausahawan tersebut merugi pasti bisnis tersebut akan dikatakan buruk atau tidak bagus.

Saya berikan sedikit contoh kasus, misalkan ada 2 warung bakso yang sama-sama baru memulai usaha, warung bakso A bisa lebih laku dan lebih ramai daripada warung bakso B. Kenapa bisa begitu?

Ada berbagai faktor yang menentukan warung bakso A bisa lebih laku, seperti harga yang lebih kompetitif, rasa bakso yang khas, kualitas pelayanan yang bagus, tempat yang nyaman, atau berbagai faktor lainnya yang membuat customer lebih nyaman dan betah untuk berbelanja dan mengeluarkan uangnya untuk usaha bakso A.

Nah dari sini kita bisa menyimpulkan, usaha yang bagus itu sebetulnya banyak, hanya poin utama agar usaha yang kita bangun itu bisa cepat meningkat hingga berkembang pesat, kembali lagi kepada wirausahanya sendiri.

Nah, berikut akan saya berikan 5 tips mendapatkan ide bisnis kreatif bagi Anda seorang pemula.

1. Mendapatkan ide dari masalah pribadi atau masalah orang lain

Mendapatkan ide bisnis dari masalah
Mendapatkan ide bisnis dari masalah

Masalah bagi sebagian orang adalah hal yang tidak disenangi, namun bagi pebisnis masalah merupakan suatu peluang yang sangat menguntungkan. Hanya dengan pikiran kreatif, Anda bisa mendapatkan ide dari suatu masalah tersebut.

Saya berikan contoh startup Gojek, dulu kebanyakan orang yang ingin naik ojek harus datang dan mungkin berjalan jauh untuk menemui si tukang ojek, namun dengan adanya aplikasi Gojek ini, customer dipermudah dengan hanya melakukan pemesanan via gadget mereka, tukang ojek pun datang ke alamat yang telah ditentukan customer.

Sehingga bisa dikatakan startup Gojek ini mampu mengatasi permasalah customer yang harus berjalan jauh menemui tukang ojek.

Ada banyak lagi masalah disekitar Anda yang bisa Anda jadikan ide atau untuk membuka peluang bisnis baru, jika Anda tidak bisa mendapatkan ide dari masalah, Anda juga bisa meniru dan melakukan sedikit modifikasi terhadap bisnis yang sebelumnya sudah sukses.

2. Hobi yang diminati banyak orang

Salah satu hobi yang bisa menghasilkan cuan
Salah satu hobi yang bisa menghasilkan cuan

Semua orang pasti memiliki hobinya masing-masing, ada yang suka nonton anime, ada yang cinta dengan tim sepak bola, ada yang suka memelihara ikan, dan hobi-hobi lainnya.

Sekarang saatnya Anda melakukan riset hobi apa yang banyak digandrungi, Anda bisa menjual berbagai pernak-pernik atau kebutuhan dari hobi tersebut sebagai usaha baru Anda.

Jika Anda masuk ke bisnis yang terkait dengan hobi, sebisa mungkin untuk menyediakan berbagai hal secara lengkap yang terkait hobi tersebut, karena sangat mungkin orang membeli produk Anda lebih dari satu karena suka.

Misalkan Anda masuk ke hobi aquascape, atau perkumpulan orang yang senang dengan tanaman hias dalam air serta ikan-ikan kecilnya yang menarik. Dari sini Anda bisa mendapatkan peluang untuk menjual berbagai hal terkait dengan aquascape, seperti filter air, pompa air, berbagai tumbuhan hias, ikan-ikan kecil, hiasan seperti batu, ranting kayu, dan sebagainya.

Sekali lagi berpikirlah secara kreatif kira-kira apa yang bisa Anda tawarkan untuk penghobi aquascape tersebut atau hobi yang lainnya.

3. Membaca buku / artikel dan menonton youtube

menambah wawasan dengan membaca buku
menambah wawasan dengan membaca buku

Jika ingin memulai usaha baru, perbanyaklah wawasan dengan sering-sering membaca buku, atau menonton video seputar bisnis yang banyak tersebar di platform youtube.

Saat ini Anda harus alokasikan waktu Anda untuk mencari peluang usaha atau ide bisnis yang berguna untuk masa depan Anda. Buang hal-hal yang tidak produktif dalam hari-hari Anda.

Jika Anda memiliki waktu luang yang banyak, Anda bisa pergi ke toko buku seperti Gramedia untuk melihat ide bisnis apa saja yang kiranya cocok dengan Anda.

4. Melihat bisnis yang sudah jalan

Meniru bisnis yang sudah sukses
Meniru bisnis yang sudah sukses

Ini adalah jalan tercepat untuk memulai suatu bisnis, yaitu dengan melihat bisnis yang sudah berjalan dan terbukti sukses, Anda bisa melihat berbagai ide bisnis di marketplace, kemudian Anda bisa melakukan analisis kira-kira bisnis apa yang sesuai untuk Anda jalankan.

Setalah itu Anda bisa mempelajari bisnis tersebut, lika-likunya seperti apa, apa risikonya, dan seberapa profitkah bisnis tersebut. Kemudian Anda bisa tiru, dan lakukan sedikit modifikasi agar bisnis Anda terlihat unik dan mengesankan dimata para calon customer.

5. Diskusi dengan para pengusaha

Mendapatkan ide bisnis dengan cara berdiskusi dengan pengusaha
Mendapatkan ide bisnis dengan cara berdiskusi dengan pengusaha

Cara yang terakhir agar Anda bisa mendapatkan ide bisnis yang brilian adalah dengan cara masuk ke komunitas pengusaha, dengan Anda bergabung dengan orang-orang yang sudah bergelut dibidang bisnis, Anda pastinya akan mendapatkan ide-ide yang mungkin bisa Anda ikuti.

Anda bisa mencari forum atau group para pengusaha di instagram maupun di facebook, Dengan Anda aktif melakukan sesi pertanyaan atau menyimak percakapan dari para pengusaha tersebut, niscaya Anda bisa mendapatkan ide bisnis yang menakjubkan.

Dengan mengikuti forum bisnis, mental berbisnis Anda juga akan semakin terlatih, karena Anda telah mengikuti orang-orang yang sevibrasi dengan Anda.

Itu dia 5 cara mendapatkan ide bisnis untuk pemula yang bisa langsung Anda terapkan.

Setelah Anda mendapatkan ide bisnis, apapun itu, jangan Anda ingat di otak saja, tapi langsung Anda catat, baik di buku saku atau di smartphone, karena bisa saja nanti ide bisnis tersebut akan berguna untuk Anda.

Selain mencatat dan memilih bisnis yang sesuai dengan selera, selanjutnya adalah melakukan eksekusi atau mengaplikasikan berbagai ilmu yang sudah Anda dapatkan dari berbagai referensi tersebut, kemudian Anda kembangkan bisnis tersebut hingga maju pesat dan membuat Anda sukses secara finansial.

Teruslah mencoba dan pantang menyerah, salam sukses.

Terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

5/5 (1)

Please rate this

You May Also Like

Avatar

About the Author: I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *