Ya Gampang

Yagampang.com adalah situs yang menyediakan informasi keuangan, bisnis, dan juga tutorial seputar photoshop, Ya Gampang, no ruwet-ruwet.

Fungsi Dan Tutorial Layer Mask Pada Adobe Photoshop

Fungsi Dan Tutorial Layer Mask Pada Adobe Photoshop

Halo guys, gimana kabar kalian kali ini? Semoga sehat-sehat saja ya.

Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips mengenai cara menggunakan layer mask pada adobe photoshop.

Oh ya, sedikit disclaimer, pada tutorial ini saya menggunakan adobe photoshop CC 2019.

Jika kalian menggunakan Adobe CS 8, Adobe CS 6, Adobe Photoshop 2017, atau apapun Adobe PS yang kalian miliki dalam mengikuti tutorial ini, itu sah-sah saja.

Karena hampir di semua versi adobe PS baik Photoshop CS maupun Photoshop CC memiliki fitur yang namanya Layer Mask.

Fungsi Layer Mask Pada Photoshop

Nah sebelum kita mempraktekkan cara menggunakan layer mask pada photoshop ini.

Apakah kalian sudah tahu apa sih fungsi dari layer mask ini.

Layer yang jika diterjemahkan artinya lapisan, sedangkan Mask artinya topeng. Jadi bisa diartikan Layer Mask atau Masking adalah teknik merubah tampilan dari suatu objek tanpa mengubah obejek tersebut secara langsung. Alias objek tersebut masih tetap utuh.

Ibarat kita menggunakan topeng, kita menggunakan topeng yang membuat tampilan wajah kita berbeda-beda sesuai topeng yang kita pakai, namun pada dasarnya wajah asli kita tidak berubah, karena yang kita manipulasi hanya topeng atau mask-nya saja.

Pasti kalian bingung ya? Heheheh, nah agar lebih jelas, berikut penjelasan menggunakan fitur Layer Mask pada photoshop ini.

Agar kalian juga mendapat gambaran gimana sih caranya atau gunanya nanti bisa buat apa sih.

Setidaknya artikel ini bermanfaat untuk kalian pelahari.

Baca juga: Fungsi dari polygonal lasso tool pada photoshop

Penggunaan Layer Mask Pada Photoshop

Ini hal yang penting dalam menggunakan fitur layer mask. Kalian harus memperhatikan foreground color dan juga background color berwarna hitam dan putih atau sebaliknya putih dan hitam.

Kalian juga harus mengetahui kalau foreground color berwarna Hitam, artinya gambar yang kalian gosokan menggunakan “Brush tool” akan menghilang atau transparan.

Sedangkan jika kalian set foreground color menjadi warna putih, maka gambar yang kalian hapus akan kembali lagi seperti semula atau kedaan awal.

Kunci Utama Penggunaan Layer Mask Pada PS CC 2019

pengaturan brush tool pada tekhnik masing photoshop
pengaturan brush tool pada tekhnik masing photoshop

Jika kasus kalian menggunakan teknik masking atau fitur Layer mask pada adobe photoshop ini untuk menyeleksi gambar, kalian harus mahir mengatur Brush Tool, seperti opacity, flow, size, serta hardness dari brush tool tersebut.

Keunggulan Teknik Masking / Layer Mask Dibandingkan Menggunakan Tool Seleksi Lain

Saya ambil contoh sederhana mengenai kenggulan menggunakan teknik masking ini.

Misalkan kalian salah dalam melakukan seleksi, anggaplah menggunakan pen tool, terus ada bagian yang kurang rapi atau kelupaan, terus kalian sampai tidak bisa lagi menggunakan fitur undo untuk kembali pada poin tersebut. Maka kalian harus mengulang lagi dari awal untuk melakukan seleksi.

Sungguh ribet bukan?

Nah dengan teknik layer mask ini, kalian hanya perlu merubah / membalik foreground color menjadi warna putih dan background color menjadi warna hitam. Maka gambar yang salah seleksi atau kurang rapi bisa kalian buat rapi kembali menggunakan layer mask.

pengaturan foreground dan background untuk masking pada photoshop cc 2019
Pengaturan foreground dan background untuk masking pada photoshop cc 2019

Sungguh fitur yang sangat membantu jika kalian mengetahuinya pada photoshop ini.

Baca juga: Cara mudah menggunakan healing brush tool pada photoshoop

Tutorial Layer Mask di Adobe Photosop CC 2019

import ke adobe photoshop cc untuk di edit layer mask
import ke adobe photoshop cc untuk di edit layer mask

Okey sebelum kita memulai mempraktekkan tutorial ini, sebelumnya kalian import dulu gambar yang akan kalian edit.

Jika kalian belum punya bahan untuk mempraktekkan tutorial ini, kalian bisa download di salah satu situs penyedia gambar bebas royalty ini ya.

Jangan asal comot gambar di google, karena gambar yang tersebar di google image kalian tidak tahu mengenai hak ciptanya.

Jika kalian sudah memiliki gambar atau objek foto yang akan di edit di Adobe PS. Kemudian kalian import gambar tersebut ke photoshop.

Disclaimer lagi, kemungkinan akan tedapat sedikit perbedaan jika kalian menggunakan versi Adobe Photoshop CS dibandingkan dengan Adobe Photoshop CC.

klik add a layer mask pada bagian bawah panel layer photoshop
klik add a layer mask pada bagian bawah panel layer photoshop

Okey lanjut, pada bagian bawah panel layer, klik tombol “Add a Mask”.

tambahkan layer mask pada project
Layer mask berwarna putih di samping objek gambar

Kemudian pada layer kalian akan muncul layer dengan warna putih, yang mana itu adalah keadaan dimana seluruh objek masih utuh tanpa mask atau topeng yang dirubah.

Kemudian pilih set foreground color menjadi warna hitam, dalam tutorial photoshop layer mask ini, saya akan menghapus bagian background dari objek foto ini, hanya membiarkan bagian objek mobilnya tetap utuh.

Kemudian kalian pilih brush tool, untuk shortcutnya tekan tombol “B” pada keyboard. Kemudian kalian tinggal gosok-gosokan brush tesebut pada gambar yang akan dihilangkan objeknya (background foto).

hasil masking objek mobil di Adobe PS
hasil masking objek mobil di Adobe PS

Baca juga: Cara memotong gambar menggunakan pen tool di photoshop

Fitur Properties Layer Mask Pada Adobe Photoshop CC 2019

Properties Layer Mask di Photoshop
Properties Layer Mask di Photoshop

Saya rasa fitur properties ini juga penting untuk kalian ketahui dan gunakan ketika melakukan teknik masking pada photoshop.

Terdapat 2 fitur pada Layer Mask baik versi Adobe PS CS (Creative Suite) atau Adobe PS CC (Creative Cloud).

1. Density

Density atau densitas atau bahasa lainnya adalah seberapa besar pengaruh dari penggunaan layer mask yang kalian aplikasikan ke gambar / objek foto.

Jadi gini, misalkan kalian set density 100%, kemudian kalian klik brush dengan foreground hitam pada objek, maka semuanya akan berubah menjadi transparant atau terhapus, jika kalian kurangi density-nya misalkan diangka 50%, maka objek akan muncul sedikit. Density ini hampir mirip seperti penggunaan layer opacity.

2. Feather

Feather berfungsi untuk mengatur ketajaman dari sisi objek yang diberi layer mask, contohnya misalkan kita menghapus beberapa bagian dengan brush yang disetting hardness-nya 100%, maka akan terbentuk lingkaran transparan sempurna, nah jika kita ingin membuat tepian lingkaran tersebut terlihat lebih soft, kita tidak perlu mengulangi proses yang sama dengan membuat brush tool dengan setting hardness lebih rendah.

Melainkan kita bisa mengatur feather dari Layer Mask-nya langsung, maka tepian dari masking tersebut bisa kalian atur tingkat ketajamannya atau tingkat blurnya.

Baca juga: Cara membuat efek blur di photoshop

hasil-menggunakan-layer-mask-pada-adobe-photoshop-cc-2019
hasil menggunakan layer mask pada adobe photoshop cc 2019

Salah satu contoh manipulasi yang paling sering menggunakan fitur masking ini adalah cover movie, biasanya terdapat beberapa objek gabungan pada satu objek utama sehingga menghasilkan cover yang terlihat keren, tentunya dengan pengaturan feather serta density masing-masing objek foto.

Nah sekian dulu pembahasan dari fitur layer mask pada photoshop 2019 ini, semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kalian ya.

Jika kalian suka dengan artikel seperti ini, kalian bisa beri apresiasi dengan bertanya, memberikan kritik atau saran agar situs ini bisa semakin berkembang ya, mari kita belajar bersama-sama.

Karena skill photoshop saya juga tidak terlalu mumpuni saat ini.

perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan teknik masking di photoshop cc
perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan teknik masking di photoshop cc

Kalian juga bisa subscribe channel youtube Ya Gampang ya, untuk mendapatkan tutorial versi video yang mungkin membuat kalian lebih memahami materi photoshop dalam format video.

Terimakasih sudah membaca artikel ini.

Ya Gampang, no ruwet-ruwet.

5/5 (2)

Please rate this

Summary
Fungsi Dan Tutorial Layer Mask Pada Adobe Photoshop
Article Name
Fungsi Dan Tutorial Layer Mask Pada Adobe Photoshop
Description
Jadi bisa diartikan Layer Mask atau Masking adalah teknik merubah tampilan dari suatu objek gambar tanpa mengubah obejek tersebut secara langsung. Alias objek tersebut masih tetap utuh.
Author
Publisher Name
Ya Gampang
Publisher Logo
Avatar

I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *