Ya Gampang

Yagampang.com adalah situs yang menyediakan informasi keuangan, bisnis, dan juga tutorial seputar photoshop, Ya Gampang, no ruwet-ruwet.

5 Jenis Copywriting Yang Membuat Bisnis & Produk Semakin Dikenal

5 Jenis Copywriting Yang Membuat Bisnis & Produk Semakin Dikenal

1. Apasih pentingnya copywriting dibandingkan dengan jenis penulisan biasa?

Okey sebelum saya menjawab itu, copywriting berkaitan erat dengan yang namanya ‘iklan’.

Iklan adalah segala bentuk penawaran atau promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, dan ide dengan berbagai bentuk, seperti video, gambar, teaser, atau gabungan ketiganya.

2. Definisi Copywriting

definisi copywriting
definisi copywriting

Teknik penulisan iklan itulah yang disebut dengan copywriting. Tulisan dengan format iklan disebut dengan copy, sedangkan yang melakukan penulisan iklan tersebut dinamakan sebagai seorang copywriter.

Copywriting bersifat persuasif atau membujuk guna mempengaruhi pembaca agar membeli produk yang dipasarkan.

3. Yang perlu diperhatikan sebelum mulai menulis copy

Apa jenis produknya?

Tentukan jenis produk untuk dijual
Tentukan jenis produk untuk dijual

Sebelum Anda mulai memasarkan produk, Anda terlebih dahulu harus mengetahui jenis produk apa yang Anda jual, apakah produk dengan jenis kosmetik, fashion, otomotif, dan sebagainya.

Anda harus memahami terlebih dahulu jenis produk tersebut dengan detail, sehingga Anda akan lebih mudah nantinya untuk menuliskan sebuah copy.

Tentukan target pasarnya

Menentukan target pasar produk Anda
Menentukan target pasar produk Anda

Setelah Anda menentukan jenis produk yang akan Anda pasarkan, sebelum memulai menulis, Anda juga harus menentukan siapa orang atau target pasar yang Anda sasar.

Anda harus memahami dan menggali informasi sesuai target market yang Anda sasar.

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai cara menentukan target pasar, Anda bisa membaca artikel : Cara Gampang Menentukan Target Market yang Tepat Untuk Bisnis Anda.

Jenis bahasa yang digunakan

Penentuan jenis bahasa juga sangat penting dalam menulis copy yang baik dan tepat sasaran. Jika target pasar Anda adalah dari kalangan orang tua atau dewasa, Anda bisa menggunakan gaya bahasa yang sopan dan jelas.

Sedangkan jika target market Anda adalah dari kalangan anak muda, Anda bisa menggunakan bahasa yang santai, flexibel, dan mungkin dibumbui dengan sedikit humor.

Akan terjadi kesalahan fatal pada bisnis Anda jika Anda salah memilih jenis bahasa.

Jadi perhatikan dengan baik-baik ya.

Menjadi orang yang open minded

Setelah kita mengetahui jenis produk, target market, serta jenis bahasa yang cocok, selanjutnya Anda harus menempatkan diri sebagai orang yang menjadi target produk tersebut.

Misalkan Anda ditargetkan untuk membeli produk fashion seperti kemeja, hal apa saja yang membuat Anda ingin membeli produk tersebut dan hal apa saja yang membuat Anda enggan ingin membeli produk tersebut.

Anda harus bisa menempatkan diri seolah-olah sebagai target market. Sehingga Anda bisa berpikir lebih luas dan lebih efektif untuk membuat copy yang lebih menarik dan juga persuasif bagi calon customer.

4. Manfaat copywriting

A. Membuat promosi menjadi lebih efektif

Membuat promosi lebih efektif
Membuat promosi lebih efektif

Bukan rahasia lagi kalau tulisan yang menarik akan membuat promosi Anda semakin efektif, semakin persuasif dan tulisan Anda terstruktur dengan rapi, maka iklan atau promo yang Anda buat akan mengahasilkan engagement yang bagus.

B. Membuat orang lebih percaya

Jika Anda hanya membuat tulisan biasa tanpa ada rasa untuk membangkitkan gairah pembaca untuk membeli produk Anda yang Anda pasarkan, maka tulisan tersebut dianggap gagal atau kurang menarik.

Dengan copywriting yang bagus akan membuat orang lebih percaya dengan produk yang Anda pasarkan, tulisan Anda memiliki jiwa seakan-akan bisa berkomunikasi langsung dengan pembaca, dan memiliki kaitan erat dengan produk atau brand Anda.

C. Meningkatkan konversi

Tujuan utama membuat tulisan dengan teknik copywriting adalah agar penjualan Anda meningkat.

Copywriting tidak hanya membahas soal seberapa besar traffic atau kunjungan yang dilakukan oleh calon customer, namun dapat mengkonversikan pengunjung tersebut menjadi pembeli atau mungkin menjadi pelanggan Anda, dan melakukan transaksi secara berkelanjutan.

5. Jenis-jenis copywriting

Setelah Anda mengetahui beberapa manfaat dari menerapkan teknik copywrting dalam bisnis Anda.

Selanjutnya akan saya berikan jenis-jenis yang mungkin cocok untuk Anda aplikasikan pada bisnis ataupun pada produk yang Anda jual

a. Story copy

copywriting Story copy
copywriting Story copy

Jenis copywriting yang pertama adalah story copy, copywriting ini lebih menekankan pada penjelasan mengenai produk Anda secara rinci. Mulai dari kelebihan dan juga manfaatnya untuk pembaca atau calon pembeli Anda.

Tips ketika Anda membuat story copy adalah buatlah terlebih dahulu outline atau kerangka tulisan dari sebuah story Anda. Ini berguna agar Anda tidak blank atau kehabisan ide untuk melanjutkan cerita dari produk Anda.

Contoh outline produk shampo:

  1. Keresahan customer
  2. Definisi produk shampo kita sebut saja shampo ‘ketompleng’
  3. Manfaat jika memakai shamppo ‘ketompleng’
    3.1 Mengurangi rambut rontok
    3.2 Membuat rambut berkilau
    3.3 Merontokan ketombe
    3.4 Rambut lurus anti lepek
  4. Jelaskan kelebihan bahan shampo ketompleng dari produk shampoo sejenis
  5. Dll.

Dari outline tersebut Anda bisa membuat story copy yang jelas dan terstruktur dari produk yang Anda pasarkan.

Tentunya semakin lengkap outlinenya maka semakin jelas pula story atau cerita dari produk Anda.

Berikan juga benefit-benefit menarik pada story copy tersebut.

b. You and me copy

Jenis copy yang kedua ini lebih menekankan kepada gaya bahasa, seperti pada namanya, you and me copy berperan seperti Anda sebagai copywriter berbicara langsung dengan customer Anda.

Dengan you and me copy membuat tulisan menjadi lebih intim dan juga intens.

c. Fortrigt copy

Jenis copy ini menjelaskan kelemahan dan kelebihan dari produk Anda. Menjelaskan apa saja hal-hal yang menjadi kelemahan dan kelebihan dari produk Anda, hal ini akan membuat calon pembeli lebih percaya dengan produk Anda.

Namun jangan sampai Anda membuat produk Anda terlihat jelek dimata calon customer Anda.

Fortright copy membantu memperkuat isi dari pesan, membuat kesan yang realistis pada produk, dan juga membuat produk Anda jujur dan terlihat apa adanya.

d. Hyperbolic copy

Jenis hiperbolic copy ini merupakan jenis copy yang riskan, kenapa riskan? Jika Anda menggunakan bahasa hiperbolis atau bahasa yang melebih-lebihkan, jika produk Anda tidak sesuai kenyataan, bukan tidak mungkin produk Anda dicap sebagai penipu dan tidak sesuai dengan ekspekstasi.

Contoh penerapan hyperbolic copy adalah mengungkapkan produk Anda sebagai yang terbaik yang pertama, dan lebih wah dari produk serupa, jika memang kenyataan produk Anda seperti itu, Anda bisa memakai jenis copy ini.

Namun jika tidak, hindari penggunaan copy jenis ini.

e. Teaser copy

Jenis teaser copy membuat pembaca menjadi penasaran dengan produk yang Anda tawarkan.

Biasanya produk yang dijual dengan jenis teaser copy menggunakan bahasa yang menggelitik, menyepelekan, menantang, ataupun meragukan pembaca, sehingga membuat pembaca menarik dan membuat pembaca penasaran ingin mengetahui dari kelanjutan produk Anda.

Perlu diingat bahwasannya copywriting yang baik adalah copy yang tidak menjatuhkan produk sejenis, karena bukan tidak mungkin pembaca akan memandang bisnis atau produk Anda yang jelek karena merendahkan produk orang lain atau produk sejenis.

Utamakan kejujuran dan fakta dengan bumbu-bumbu manis agar produk yang Anda promosikan dengan teknik penulisan copywriting ini berhasil dengan baik.

Silahkan Anda pilih sendiri jenis copywriting mana yang menurut Anda cocok dengan bisnis atau produk Anda.

Jika Anda suka dengan artikel seperti ini, kunjungi selalu yagampang.com ya, jangan lupa bagikan kepada rekan-rekan Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, masukan, kritik maupun saran, Anda bisa menyampaikannya pada kolom komentar dibawah ya.

Jangan berhenti sampai disini saja, baca bagian selanjutnya dari jenis-jenis copywriting pada article : 8 Jenis copywriting untuk meningkatkan penjualan.

Semoga konten kali ini bermanfaat, sekian dan terimakasih.

5/5 (1)

Please rate this

Summary
5 Jenis Copywriting Yang Membuat Bisnis & Produk Semakin Dikenal
Article Name
5 Jenis Copywriting Yang Membuat Bisnis & Produk Semakin Dikenal
Description
Copywriting bersifat persuasif atau membujuk guna mempengaruhi pembaca agar membeli produk yang dipasarkan.
Author
Publisher Name
Ya Gampang
Publisher Logo
Avatar

I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *