Jenis Vitamin Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

Jenis vitamin yang baik untuk kulit

Tiap makanan yang dikonsumsi akan berdampak pada keadaan kulit Anda.

Kurangnya asupan makanan yang bernutrisi akan menyebabkan masalah pada tubuh Anda, salah satunya adalah masalah pada kulit Anda yang belum Anda sadari saat ini, seperti kulit kering, kusam, atau bahkan ruam pada kulit.

Salah satunya cara untuk menangani penyakit kulit adalah dengan mengkonsumsi vitamin. Apa vitamin untuk kulit, supaya sehat dan masih tetap kelihatan muda?

Kenyataannya, ada beberapa jenis vitamin yang diperlukan kulit untuk selalu sehat dan cerah.

Berikut tipe vitamin untuk kulit yang perlu Anda penuhi tiap hari

1. Vitamin E

Manfaat vitamin E bagi kulit sangat banyak. Yang paling penting ialah membuat perlindungan kulit dari kerusakan karena paparan cahaya matahari (UV).

Vitamin E bisa juga menolong menangani kulit yang kasar dan kering, menjaga kehalusan kulit, dan menahan munculnya bintik gelap dan keriput di kulit.

Menurut Angka Kecukupan Gizi dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, rerata orang dewasa perlu vitamin E sejumlah 20 mg setiap harinya.

Umumnya badan menghasilkan vitamin E lewat sebum, yakni minyak yang dikeluarkan lewat pori-pori kulit. Bila banyaknya imbang, sebum bisa menolong menjaga kulit dari kekeringan.

Anda dapat memperolehnya dengan konsumsi makanan dengan kandungan banyak vitamin E seperti bayam, kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan minyak zaitun. Vitamin E dapat Anda dapatkan dalam beragam produk perawatan kecantikan juga.

Anda bisa juga minum multivitamin atau ekstra vitamin E. Jika memang diperlukan, pastikan Anda mengkonsumsi vitamin sesuai arahan dari dokter.

2. Vitamin A

Vitamin A populer karena manfaatnya dalama mempertahankan kesehatan mata. Tetapi, vitamin A juga bagus untuk mempertahankan kesehatan kulit. Sudah banyak riset yang mengatakan jika vitamin A punyai banyak faedah untuk kesehatan kulit misalnya:

Orang dewasa memerlukan 500 mikrogram vitamin A sehari-harinya. Anda dapat memperoleh konsumsi sehari-hari lewat bermacam tipe makanan seperti hati sapi/ayam, minyak ikan Cod, ikan salmon, susu dan produk susu seperti yogurt, wortel, mangga, pepaya, dan sayuran hijau.

Makanan Sumber Vitamin
Makanan Sumber Vitamin

Vitamin ini ada pada beberapa produk skincare (perawatan kulit), misalkan cream muka atau cream mata. Salah satunya turunan vitamin A yang sering dipakai pada produk itu ialah retinoid.

Retinoid menolong kecepatan tingkat penggantian sel yang nanti bisa membuat warna kulit kelihatan lebih bersih dan ceria. Retinoid termasuk juga obat jerawat yang efisien dan bisa perlambat pertanda penuaan.

Tetapi, hati-hatilah saat Anda akan memakai produk yang memiliki kandungan retinoid. Masalahnya zat ini benar-benar peka pada cahaya matahari. Oleh karenanya, selalu pakai cream sun block bila akan keluar dari rumah sesudah menggunakan retinoid di kulit muka.

3. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks terdapat di dalam bermacam tipe makanan seperti beras, telur, dan pisang. Vitamin B kompleks terdapat kandungan biotin yang berfungsi sebagai pembentuk sel rambut, kuku, dan sel kulit.

Beberapa vitamin B kompleks dapat tingkatkan kesehatan kulit.

Sebuah riset tahun 2018 memperlihatkan jika vitamin B kompleks dapat menolong badan menghasilkan beberapa sel kulit baru yang lebih sehat. Kebalikannya, kurangnya vitamin B kompleks bisa mengakibatkan dermatitis.

Vitamin B3 atau niacinamide sering dipakai untuk menolong kurangi timbulnya bercak-bercak penuaan dan peralihan warna kulit. Sedangkan vitamin B5 menolong menangani jerawat dan penuaan pada kulit.

Ada beragam tipe vitamin B dan masing-masing vitamin diperlukan dengan jumlah yang ideal, misalnya:

Di pasar, banyak suplemen yang memiliki kandungan seluruh keperluan vitamin B kompleks cuman pada sebuah butirnya. Anda bisa jadi konsumsi suplemen-suplemen itu.

Harus diingat jika keperluan vitamin B kompleks bergantung dengan umur dan keadaan kesehatan setiap orang . Maka, untuk ketahui keperluan dari vitamin B yang Anda perlukan, seharusnya tanyakan ke dokter.

4. Vitamin C

Tipe vitamin untuk kulit yang ini seringkali dikatakan sebagai anti-oksidan. Ya, vitamin C tidak cuman dapat buat Anda tahan dari gempuran penyakit infeksi, tetapi juga baik untuk kesehatan kulit. Pada tubuh vitamin ini banyak diketemukan pada epidermis (susunan kulit paling luar) dan dermis (susunan kulit dalam).

Vitamin ini memiliki kandungan collagen, yang berguna untuk tingkatkan kekenyalan dan kelembapan kulit dari dalam. Itu penyebabnya vitamin C sering menjadi satu diantara bahan khusus dalam produk anti aging (perawatan kulit anti-penuaan).

Adapun beberapa faedah vitamin C untuk kulit yaitu seperti berikut.

Dalam sehari, vitamin C yang perlu dimakan orang dewasa ialah 90 miligram untuk lelaki dan 75 miligram untuk wanita. Selainnya suplemen, vitamin C dapat diketemukan pada bermacam tipe buah dan sayur seperti jeruk, jambu biji, paprika, strobery, kembang kol, dan sayur hijau.

5. Vitamin D

Vitamin D tidak cuman baik untuk kemampuan tulang dan gigi, vitamin ini menolong kulit mengoreksi diri dengan menggairahkan perkembangan sel-sel kulit baru. Gizi berperanan penting untuk memudahkan infeksi di kulit.

Infeksi dapat mengakibatkan kulit teriritasi sampai alami permasalahan seperti jerawat dan eksim. Sebuah riset dalam Journal of Dermatological Treatment menunjukkan jika cream yang memiliki kandungan vitamin D dan E sanggup memudahkan tanda-tanda dermatitis atopik.

Selainnya dari suplemen dan losion, ada beberapa sumber vitamin D alami yang dapat dimakan. Salah satunya sumber yang paling dikenali ialah cahaya matahari. Saat kulit mempernyerap cahaya matahari, cholesterol pada tubuh diganti jadi vitamin D.

Nanti, vitamin D akan diambil oleh hati dan ginjal dan ditebarkan ke semua badan untuk menolong pembangunan beberapa sel kulit yang sehat.

Susu, sereal, salmon, tuna, kuning telur, dan hati sapi termasuk juga sumber vitamin D yang baik untuk kesehatan kulit Anda.

6. Vitamin K

Vitamin K mempunyai peran yang perlu pada proses pembekuan darah yang diperlukan saat proses pengobatan cedera atau bengkak. Oleh karena itu, vitamin K sering menjadi satu diantara jalan keluar untuk beberapa keadaan yang terkait dengan sisa luka.

Disamping itu, vitamin K kerap dipakai dalam formasi obat jerawat, cream kulit, atau untuk menangani beragam permasalahan lain terhitung bintik hitam, lingkaran bawah bata, dan stretch mark.

Vitamin K yang diperlukan oleh orang dewasa dalam sehari yakni 70 mikrogram untuk lelaki dan 60 mikrogram untuk wanita. Perkaya konsumsi vitamin K Anda dengan konsumsi bermacam tipe makanan satu diantaranya sayur berdaun hijau tua, seperti bayam, brokoli, dan sawi.

Sekian dan terima kasih.

You May Also Like

About the Author: I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *