Cara Membuat Efek Vignette Di Photoshop

Cara Cepat Membuat Efek Vignette Pada Gambar Di Photoshop

Hai, kembali lagi ke tutorial photoshop di situs yagampang.com ini. Kali ini kita akan membuat efek vignette pada gambar di photoshop.

Sebelum kita mulai melakukan pengeditan, saya akan menjelaskan apa sih itu vignette, vignette adalah efek yang membuat disekeliling gambar berwarna gelap, namun bagian tengahnya masih terlihat terang.

Sehingga akan menjadi titik fokus pada objek yang berada di tengah tersebut.

Okey tanpa banyak basa-basi, ayo kita mulai saja tutorilanya.

Sebelum mulai melakukan pengeditan, siapkan terlebih dahulu gambar yang siap untuk Anda edit, disini saya mendowload gambar dari situs penyedia gambar bebas royalty pada situs pexels.com.

Pada tutorial ini saya menggunakan adobe photoshop versi CC 2019, mungkin jika Anda menggunakan versi photoshop lebih rendah dari CC 2019, mungkin akan ada sedikit perbedaan.

Import gambar pada photoshop

buka gambar di photoshop
buka gambar di photoshop

Seperti biasanya, import terlebih dahulu gambar pada software photoshop, baik dengan cara drag and drop maupun buka seperti biasa.

Gunakan Fitur Lens Correction

cari lens correction
cari lens correction

Pertama pilih Filter pada menu bar diatas, kemudian pilih sub menu Lens Correction.
Anda juga bisa mengakses Lens Correction lebih cepat dengan menekan tombol shortcut (Shift + Ctrl + R).

Setelah muncul pop up window Lens Correction, selanjutnya Anda pilih menu tab ‘Custom’ yang terletak di sebelah tab ‘Auto Corretion’, tepatnya di pojok kanan atas.

pop up windows lens correction
pop up windows lens correction

Amount

atur amound dan midpoint
atur amound dan midpoint

Kemudian geser bar Amount di panel Vignette, geser bar ke kiri untuk menambahkan vignette, atau geser ke kanan untuk menghilangkan vignette.

Midpoint

Kemudian dibawah Amount terdapat Midpoint bar, Midpoint berfungsi untuk mengatur keterangan pada tengah objek foto, Anda bisa mengkombinasikan Amount dan juga Midpoint untuk mendapatkan hasil foto vignette yang Anda sukai.

Hasil Pengaplikasian Efek Vignette

Cara Cepat Membuat Efek Vignette Pada Gambar Di Photoshop
Cara Cepat Membuat Efek Vignette Pada Gambar Di Photoshop

Hasilnya terlihat begitu menarik kan? Sangat mudah dan juga cepat pastinya.

Nah itulah cara mudah dan cepat untuk membuat efek vignette pada photoshop, semoga tutorial editing dengan software photoshop kali ini bermanfaat untuk Anda ya.

Jika Anda ingin terus mendapatkan update ilmu seputar tutorial photoshop, jangan lupa untuk selalu kunjungi situs yagampang.com ini, karena ya gampang, no ruet-ruet.

You May Also Like

About the Author: I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *