Ya Gampang

Yagampang.com adalah situs yang menyediakan informasi keuangan, bisnis, dan juga tutorial seputar photoshop, Ya Gampang, no ruwet-ruwet.

5 Cara Menghasilkan Uang Dari Rumah Tanpa Modal

5 Cara Menghasilkan Uang Dari Rumah Tanpa Modal

Ditengah wabah covid-19 yang semakin meningkat di Indonesia serta banyaknya karyawan yang harus dirumahkan, mengharuskan kita untuk memutar otak untuk menghasilkan uang tanpa keluar rumah.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dirumah. Entah itu menjual makanan, membuka jasa, dan usaha-usaha yang lainnya.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan cara menghasilkan uang tanpa keluar rumah dan tanpa modal melalui internet.

1. Menjadi Dropshipper

menjadi seorang dropshipper
menjadi seorang dropshipper

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang adalah dengan menjadi dropshipper.

Menjadi dropshipper ditahun 2020 ini masih sangat menjanjikan. Ada banyak platform marketplace seperti tokopedia, bukalapak, dan shopee yang bisa Anda gunakan untuk berjualan dengan sistem dropship.

Dropship adalah sebuah teknik pemasaran tanpa harus menyetok barang atau menyimpang produk. Atau dalam istilah lainnya dropship adalah kita menjual produk dalam bentuk gambar ke calon konsumen.

Untuk memasarkan produk, sebelumnya kita harus mencari supplier yang tepat.

Tepat disini berarti jujur, terpecaya, memberikan tanggapan yang responsif, harga yang ditawarkan kompetitif, serta kelebihan-kelebihan yang lainnya.

Untuk mencari supplier Anda bisa mencarinya pada marketplace seperti tokopedia maupun shopee, Anda lihat toko mana yang memiliki penjualan tinggi kemudian Anda tanyakan apakah mereka menerima dropship atau tidak.

Dari kinerja menjawab pesan hingga kecepatan mengirimkan pesanan juga perlu Anda nilai sebelum Anda memutuskan ingin bekerjasama dengan supplier tersebut.

Untuk penjelasan lebih detail tentang memulai menghasilkan uang dengan sistem dropship.

Anda bisa baca artikel 5 Tahapan mulai berjualan dengan sistem dropship.

2. Menjadi Content Writer

seorang content writer
seorang content writer

Cara menghasilkan uang dirumah yang kedua adalah dengan menjadi Content Writer. Bagi Anda yang hobi menulis atau berbagi pengalaman maupun keahlian Anda di dunia maya.

Anda sekarang bisa mendapatkan penghasilan dari hobi tersebut.

Biasanya orang yang suka membaca juga akan dibarengi dengan kegiatan menulis.

Menuangkan ide-ide kreatif dan segar di blog bisa Anda lakukan untuk menghasilkan rupiah selama diam di rumah.

Selain membuat konten di Blog, Anda juga bisa menyediakan jasa membuat artikel untuk situs orang lain.

Pilihan yang ketiga adalah membuat artikel pada situs User Generated Content. Ada banyak sekali situs yang berguna untuk menamping konten artikel dari usernya.

Contohnya adalah Plimbi, IDN, jalan tikus, babe baca berita dan lain sebagainya.

Anda bisa membuat konten pada situs-situs UGC lainnya untuk bisa segera menghasilkan uang daripada Anda harus membuat blog dari nol, yang notabene membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa membesarkan nama blog Anda tersebut dan menghasilkan rupiah.

3. Menjadi Youtuber

menjadi youtuber
menjadi youtuber

Bagi Anda yang suka eksis di media sosial serta memiliki waktu senggang yang banyak, Anda bisa mencoba peruntungan dengan mencoba membuat kanal youtube.

Anda bisa mengisi channel Anda tersebut dengan berbagai video yang menarik dan bermanfaat. Namun untuk bisa menghasilkan uang dari youtube, Anda harus menyelesaikan persyaratan untuk bisa melakukan monetisasi channel terlebih dahulu.

Yaitu memiliki 1000 subscriber dan juga memenuhi 4000 jam tayang. Kebanyakan para youtuber pemula akan menyerah pada tahap pembuatan konten, selain itu jika Anda tidak konsisten dalam membuat konten pada channel Anda.

Maka Anda akan membuang-buang waktu secara percuma tanpa ada penghasilan.

Namun jika Anda merasa benar-benar yakin berhasil serta memiliki tekad dan ambisi yang menggebu-gebu, Anda bisa mencoba peruntungan untuk menjadi seorang youtuber, siapa tahu Anda bisa menjadi Atta kedua.

Monetisasi atau merubah channel yang mulanya sebagai bentuk ekspresi diri dan berbagai konten menjadi memiliki pendapatan bisa dilakukan pada channel youtube dengan memanfaatkan google adsense.

Google Adsense merupakan program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh google.

Jika Anda sudah mencapai persyaratan youtube tersebut, maka Anda bisa menjadi seorang publisher pada channel Anda, atau orang yang menyediakan slot iklan dari google.

4. Menjual Foto

menjadi photografer dengan menjual karya foto
menjadi photografer dengan menjual karya foto

Cara menghasilkan uang tanpa modal dengan cara yang keempat adalah dengan cara menjual foto.

Jika anda memiliki kamera mirrorless, DSLR, maupun smartphone dengan resolusi kamera yang bagus, berarti anda sudah memiliki modal untuk menjual foto.

Sebelum Anda mulai menjual foto, ada baiknya bagi anda untuk belajar teknik maupun cara-cara pengambilan foto yang baik dan bagus. Sehingga foto Anda tersebut bisa terlihat menarik dan tentunya akan meningkatkan konversi atau penjualan ketika sudah di upload.

Contoh situs untuk menjual foto diantaranya adalah presto Shutterstock, 123RF, fotolia.com bigstockphoto.com, demandmedia.com, istockphoto.com, dreamstime.com, redbubble.com, dan masih banyak situs yang lainnya.

Shutterstock

shutterstock
shutterstock

Pengalaman beberapa teman di Facebook mendapatkan penjualan dari karya fotonya adalah dengan melakukan submit foto di situs shutterstock.

Namun persyaratan untuk bisa publish foto pada Shutterstock cukup sulit. Foto Anda harus memiliki resolusi yang tinggi, fokus pada objek yang jelas, minim akan editan maupun filter, serta persyaratan yang lainnya.

Bagaimana dengan sistem pembayaran di Shutterstock?

Syarat minimal bagi anda untuk bisa withdraw atau mengirim saldo shutterstock ke rekening atau akun bank, Anda harus memenuhi syarat minimal penghasilan 35 dollar.

Jika terdapat pembeli dari US maka akan dipotong 10% dari total penghasilan anda.

Hasil akumulasi penjualan foto sebesar 35 dollar tersebut akan otomatis ditransfer setiap bulannya ke rekening Paypal yang sudah anda daftarkan sebelumnya.

Anda tidak bisa melakukan withdraw secara mandiri.

123RF

123rf
123rf

Namun bagi Anda yang ingin fotonya bisa cepat laku, Anda bisa memilih menjadi kontributor di situs 123RF, karena persyaratan foto yang diterima tidak seketat seperti Shutterstock.

Jadi sangat cocok bagi Anda yang pemula dalam dunia fotografi. Sehingga seiring berjalannya waktu dalam bidang fotografi, skill anda akan semakin meningkat sehingga nantinya anda bisa melakukan submit foto pada Shutterstock.com.

Keunggulan dari 123RF adalah:

  1. Seleksi foto tidak terlalu ketat.
  2. Anda tidak perlu memiliki banyak koleksi foto untuk mendapatkan penghasilan.
  3. Komisi yang bisa anda dapatkan bisa sampai 60%.
  4. Tidak adanya potongan pajak untuk komisi yang anda dapatkan.
  5. Untuk pembayaran anda bisa memilih rekening Paypal ke payoneer dan moneybookers.
  6. Serta batas payout atau penarikan rekening sebesar 50 dolar. Masih cukup kecil jika dibandingkan dengan situs untuk menjual foto lainnya dengan ambang penarikan berkisar 100 dollar maupun lebih.

Baca juga artikel cara ampuh mendapatkan ide bisnis untuk pemula.

5. Menjadi Freelancer

menjadi seorang freelancer
menjadi seorang freelancer

Hal terakhir pada artikel cara menghasilkan uang di rumah tanpa modal adalah dengan menjadi seorang freelancer.

Apa itu freelancer?

Freelancer merupakan seorang tenaga lepas atau pekerja sambilan serta bisa dibilang seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada majikan atau pimpinan dalam jangka waktu yang panjang.

Apa syarat untuk menjadi seorang freelancer?

1. Harus memiliki keahlian khusus

skill coding
skill coding

Tidak dipungkiri bahwa menjadi seorang freelancer yang sukses Anda harus memiliki keahlian maupun pengalaman pada bidang khusus seperti programming, content creator, designer, dan skill khusus lainnya.

Selain membutuhkan keahlian khusus, seorang freelancer juga dituntut untuk memiliki portofolio atau hasil kerja berupa project yang telah Anda kerjakan sebelumnya.

Apa fungsi dari portofolio tersebut?

Fungsinya adalah untuk menyakinkan calon klien bahwa anda merupakan seorang yang ahli pada bidang tersebut.

2. Memiliki fasilitas pendukung yang lengkap

fasilitas yang mendukung
fasilitas yang mendukung

Jika anda ingin menjadi seorang freelancer yang sukses dan terlihat profesional, maka fasilitas pendukung seperti komputer, jaringan internet yang memadai, dan tempat kerja yang nyaman merupakan aspek pendukung yang penting.

Sehingga dengan fasilitas pendukung yang lengkap maka produktivitas anda akan semakin meningkat.

Produktivitas yang meningkat tentunya akan diiringi dengan pendapatan yang semakin tinggi.

3. Manajemen waktu yang baik

manajemen waktu yang baik
manajemen waktu yang baik

Syarat yang ketiga untuk jadi seorang freelancer yang sukses adalah memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik.

Jika Anda masih bekerja dengan suatu perusahaan maupun dengan orang lain, menjadi seorang freelancer, maka anda dituntut untuk memiliki manajemen waktu yang baik. Menentukan mana proyek yang akan dikerjakan terlebih dahulu dan mana proyek yang akan dikerjakan nanti.

Sehingga menentukan prioritas pekerjaan merupakan hal yang penting dan wajib untuk Anda lakukan.

Daftar situs freelancer Indonesia yang terpercaya:

  1. Sribulancer.com
  2. Project.co.id
  3. Freelancer.co.id
  4. 99designs.com
  5. Sribu.com

Anda bisa mendaftar ke seluruh situs freelancer untuk mendapatkan peluang pekerjaan yang lebih banyak.

Tips menjadi seorang freelancer yang sukses adalah dengan cara mengasah skill atau kemampuan yang sesuai dengan fashion maupun kegemaran anda. Sehingga seiring dengan berjalannya waktu anda akan menjadi seorang yang ahli pada bidang tersebut.

Jangan lupa untuk membangun portofolio sehingga kredibilitas anda sebagai seorang freelancer menjadi semakin terlihat dan terpercaya.

Itulah 5 cara menghasilkan uang dari rumah tanpa modal, atau bisa dikatakan minim dengan modal, karena anda tetap membutuhkan fasilitas seperti gadget maupun internet yang memadai.

Jadi yang mana menurut Anda cara menghasikan uang yang terbaik?

Anda tidak akan mengetahuinya sampai Anda mencobannya sendiri, mari action dari sekarang dan jangan buang waktu Anda secara percuma seperti bermain game atau membuka sosial media terlalu sering.

Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa untuk terus menambah skill dan wawasan anda dengan sering membaca artikel-artikel bermanfaat seperti ini.

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk share maupun berikan tanggapan pada kolom komentar di bawah jika terdapat kesalahan maupun kritikan yang ingin anda sampaikan.

Sekian dan terima kasih.

4/5 (1)

Please rate this

Summary
5 Cara Menghasilkan Uang Dari Rumah Tanpa Modal
Article Name
5 Cara Menghasilkan Uang Dari Rumah Tanpa Modal
Description
Cara mendapatkan penghasilan dari rumah tanpa modal bisa dengan cara menjadi seorang dropshipper, freelancer, menjual foto, menjadi youtuber, dan penulis.
Author
Publisher Name
Ya Gampang
Publisher Logo
Avatar

I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *