Ya Gampang

Yagampang.com adalah situs yang menyediakan informasi keuangan, bisnis, dan juga tutorial seputar photoshop, Ya Gampang, no ruwet-ruwet.

Rumah Sakit PCR Test Terdekat di Bali

Rumah Sakit PCR Test Terdekat di Bali

Dalam masa pandemi yang COVID-19 seperti sekarang, adalah wajar jika kita khawatir akan terkena coronavirus, terutama bagi kelompok orang yang rentan terkena penyakit ini. Kita dan keluarga bisa saja terancam terpapar coronavirus, maka dari itu kita perlu melakukan cara pencegahan penularan virus ini, juga penting bagi kita untuk melakukan tes yang dapat mendeteksi kalau kita memiliki coronavirus atau tidak pada tubuh.

Kini terdapat dua metode untuk mengetahui coronavirus dalam tubuh kita, test cepat atau rapid test dan tes PCR (polymerase chain reaction) atau biasa disebut swab test.

Rapid test maupun PCR test memiliki tujuannya pemeriksaan yang berbeda. Rapid test adalah pemeriksaan tahap awal yang berfungsi untuk melakukan skrining atau mengetahui orang tersebut beresiko mengalami masalah kesehatan atau terpapar oleh virus atau bakteri. Jadi bisa dikatakan rapid test hasilnya tidak akurat 100% untuk mendeteksi virus corona. Hasil diagnosis dengan rapid test tidak menyatakan bahwa Anda terpapar covid secara pasti.

Sehingga dibutuhkan metode diagnosa lain, yaitu dengan PCR test.

PCR test merupakan diagnosa pasti jika tubuh Anda terdapat virus, cara pengambilan sampel dengan metode PCR test adalah dengan cara mengambil sampel cairan yang didapat dari dalam tenggorokan maupun hidung. Caranya adalah memasukkan alat seperti cotton bud kedalam tenggorakan atau hidung Anda. Sehingga cairan tersebut didapat.

Kenapa tes PCR mengambil sampel cairan dalam tenggorokan atau hidung?

Area tersebut dipilih karena merupakan area yang menjadi sarang tempat berkembangnya virus. Hasil PCR test ini tentunya lebih akurat jika dibandingkan dengan rapid test. Karena virus ketika memasuki tubuh akan menempel pada bagian tenggorokan maupun hidung kita.

Laboratorium periksa menggunakan teknik PCR atau teknik pemeriksaan untuk mencocokkan DNA atau RNA yang dimiliki oleh virus. Jika hasil tersebut cocok, artinya Anda terinfeksi virus, sebaliknya jika hasil dari swab test atau PCR test ini negatif, berarti Anda negatif dari infeksi virus corona.

Hal yang perlu Anda ketahui selanjutnya mengenai PCR test adalah waktu pemeriksaan menggunakan metode PCR ini membutuhkan waktu yang lebih lama dari rapid test. Jika rapid test hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit, PCR test memerlukan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk bisa mendapatkan hasilnya.

Kelebihhan dari menggunakan PCR test dibandingkan dengan rapid test adalah keakuratannya dalam mendeteksi corona virus. Namun tentu saja waktu yang dibutuhkan lebih lama, dan hal tersebut menjadi kekurangannya.

Nah jika Anda mengalami gejalan terinfeksi virus corona seperti demam dengan suhu tubuh diatas 38 derajat celcius, sesak nafas, serta batuk-batuk. Anda bisa segera melakukan PCR test terdekat di daerah Anda.

Jika Anda bingung mencari lokasi tes PCR terdekat di daerah Anda, Anda bisa mengunjungi situs Halodoc.com. Situs halodoc selain memperlihatkan tempat PCR test terdekat juga menyajikan informasi penting terkait dengan kesehatan termasuk informasi mengenai virus corona ini, mulai dari penjelasan mengenai gejala terpapar virus corona serta bagaimana cara pencegahannya.

Pada situs halodoc Anda juga bisa bertanya langsung seputar kesehatan maupun mengenai corona virus jika Anda masih memiliki pertanyaan di benak Anda. Anda bisa memanfaatkan fitur Chat dengan berbagai dokter spesialis yang memiliki keahlian khusus pada bidangnya masing-masing.

Untuk tes PCR di daerah Bali, Anda bisa mengunjungi Rumah Sakit BIMC Nusa Dua yang beralamat di Jl. Nusa Dua, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda ya, sekian dan terimakasih.

No ratings yet.

Please rate this

Avatar

I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *