Ya Gampang

Yagampang.com adalah situs yang menyediakan informasi keuangan, bisnis, dan juga tutorial seputar photoshop, Ya Gampang, no ruwet-ruwet.

10 Program Editing Gratis Alternatif Photoshop

10 Program Editing Gratis Alternatif Photoshop

Apakah saat ini Anda sedang mencari Alternatif software editing yang serupa atau mirip dengan Photoshop?

Nah pada artikel kali ini saya akan membagikan rekomendasi 10 alternatif software Photoshop yang tentunya gratis.

Kelebihan Photoshop dibandingkan aplikasi editing lainnya adalah kelengkapan fiturnya, hampir segala macam hal untuk menghasilkan foto atau gambar yang keren tersedia lengkap dan masih mudah untuk digunakan.

Namun kelemahannya adalah Anda harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit perbulannya untuk berlangganan.

Maka tidak sedikit yang mulai mencari alternatif software yang mirip seperti Photoshop.

Berikut 10 alternatif software Photoshop yang gratis:

1. Pixlr

Pixlr
Pixlr

Pada urutan pertama saya tempatkan Pixlr sebagai rekomendasi. Pixlr merupakan software editing foto gratis yang menurut saya fitur-fitur yang disediakan hampir sama seperti Adobe Photoshop CC.

Basis dari Pixlr ini adalah web base, jadi Anda bisa akses melalui situsnya langsung di Pixlr.com tanpa harus melakukan download.

Anda hanya perlu mendaftar dan login untuk bisa mengakses file editing Anda dimanapun dan kapanpun selama terkoneksi dengan internet.

Ketika Anda pertama kali mengakses situs Pixlr, Anda bisa memilih 2 jenis Editor, yang pertama ada “Advanced Pixlr E” dengan fitur dan tool yang lengkap. Kemudian yang kedua ada “Playful Pixlr X” dengan fitur yang sederhana serta mudah untuk dipahami.

Advanced Pixlr E lebih cocok untuk yang sudah profesional karena tool-tool yang disediakan lebih powerful sedangkan Playful Pixlr X cocok untuk Anda yang ingin melakukan editing cepat dan sederhana tanpa harus dipusingkan oleh berbagai macam fitur dan tool pada user interfacenya.

Kelebihan dari Pixlr ini adalah user interfacenya yang rapi dan mudah untuk menavigasi tool-toolnya hampir seperti Photoshop. Selain bisa diakses dimanapun dan kapanpun, Pixlr didukung dengan AI, jadi hasil editing Anda pun akan semakin profesional.

Tampilan project Pixlr
Tampilan project Pixlr

Kemudian Anda juga bisa menyimpan atau export hasil editing ke hampir seluruh format foto seperti JPEG, PNG, WebP, SVG, bahkan PSD untuk Photoshop.

Selain itu Pixlr juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang tersedia pada perangkat mobile di sistem Android dan iOS.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik ingin mencoba Pixlr ini?

2. GIMP

Gimp
Gimp

GIMP atau kepanjangan dari GNU Image Manipulation Program merupakan software editing gratis dan populer yang menjadi alternatif Photoshop yang tersedia dipasaran.

GIMP pertama kali diluncurkan di khalayak umum pada tahun 1995, GIMP juga merupakan salah satu software graphic design yang sangat powerful pada daftar ini. GIMP tersedia gratis dan open source, serta fitur dan tool-toolnya juga sangat profesional.

GIMP dan Photoshop ada banyak kemiripan dari segi pengaturan, tool, fungsi, bahkan user interfacenya. Bahkan GIMP juga bisa mengerjakan file dengan format PSD, yaitu format khusus software Photoshop.

GIMP memiliki berbagai macam fitur yang ada di Photoshop, seperti fitur color adjusment pada gambar, brush yang bisa di custom, peningkatan kualitas gambar otomatis, intinya karya Anda yang terlihat buriq bisa Anda jadikan terlihat profesional dan menakjubkan dengan software editing GIMP ini (tergatung skill Anda juga).

Selain mirip dengan Photoshop dari segi fitur, fungsi, dan lain-lain, ketersediaan tutorial juga begitu penting, GIMP juga sudah menyediakan berbagai tutorial mendalam dari tingkat pemula hingga tingkat mahir dengan kesulitan dan eksplorasi tool yang lebig banyak.

Jadi juga sangat cocok untuk anda pelajari bagi Anda yang belum begitu familiar dengan foto editing software GIMP ini.

3. Inkscape

Inkscape
Inkscape

Pada daftar yang ketiga ada Inkscape, Inkscape merupakan software yang tersedia gratis dan open source dengan basis graphic vector, sehingga cocok untuk digunakan membuat desain logo, ikon aplikasi atau web, ilustrasi kartun dan berbagai macam hal lainnya.

Tapi Inkscape ini lebih seperti Adobe Illustrator jika dibandingkan dengan Photoshop, karena Illustrator juga basisnya menggunakan vektor, sedangkan Photoshop menggunakan basis pixel (raster).

Meskipun Inkscape tersedia gratis, namun fitur-fiturnya sangat powerful dan juga canggih. Tersedia berbagai fitur untuk menggambar dengan berbagai tool, kemampuan untuk melakukan import dan export dalam banyak file sekaligus, Anda juga bisa menambahkan add-ons atau semacam plugin tambahan, serta berbagai macam bahasa, namun sayangnya bahasa Indonesia belum tersedia.

Mungkin Anda juga tertarik untuk melakukan edit source code dari Inkscape ini menjadi Indonesia? Mengingat software ini yang open source, jadi Anda bisa dengan bebas melakukan otak-otik pada software editing ini.

Dengan software ini setidaknya Anda bisa berhemat untuk tidak membeli langganan Adobe Illustrator.

Apakah Anda tertarik ingin mencoba software ini?

4. Pixia

pixia
pixia

Pixia merupakan software editing raster (kumpulan pixel) untuk sistem operasi Windows. Pixia dibuat oleh Isao Maruoka yang berkebangsaan Jepang. Awalnya software ini dirancang untuk komunitas anime atau manga, namun seiring berjalannya waktu, Pixia juga digunakan oleh editor cabang seni lainnya.

Pixia lebih cocok digunakan untuk digital painting dibandingkan dengan manipulasi spesifik seperti Photoshop. Tidak seperti software editor lainnya, Pixia lebih berfokus ke digital painting dengan berbagai fitur yang khusus dirancang untuk digital painting tanpa ada banyak gangguan dari fitur-fitur lainnya.

Pixia juga merupakan alternatif yang bagus untuk Photoshop.

5. exPhoto

exphoto
exphoto

Jika Pixia lebih difokuskan digunakan untuk digital painting, maka exPhoto lebih condong digunakan untuk editing photo, untuk retouch photo lebih baik menggunakan exPhoto, kemudian Anda bisa beralih ke Pixia jika ingin melakukan digital painting.

exPhoto ini merupakan software yang dibuat oleh developer yang sama dengan Pixia. Jadi Anda bisa beralih dari software ini ke software Pixia sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu exPhoto juga bisa menghandle dan generate PSD format yang hampir mirip dengan software GIMP dan Pixlr.

6. Krita

krita
Krita

Krita merupakan software yang cocok untuk digunakan membuat desain, ilustrasi, serta menggambar. Jika Anda seorang yang begitu kreatif dan ingin memulai sesuatu dari lembar kerja kosong dan menghasilkan karya yang keren, maka software ini cocok untuk Anda.

Krita lebih condong terlihat seperti Illustrator dibandingkan seperti Photoshop, karena jika Anda ingin mengedit gambar yang sudah ada dan melakukan manipulasi, software ini bukan untuk Anda.

Melainkan software ini cocok bagi Anda yang ingin memulai karir sebagai seoarang illustrator (profesional) atau menjadi seorang yang hobi dalam bidang ini.

Perlu ditekankan user unterface krita ini juga begitu advanced, jadi diperlukan basic editing untuk memulai menggunakan software ini, karena jika tidak, Anda akan mengalami sedikit kebingungan.

Namun jika Anda sudah terbiasa, maka Anda akan dengan mudah menghasilkan karya-karya yang luar biasa.

Jika Anda tertarik ingin mencoba software ini, Anda bisa langsung menuju situsnya di krita.org

Selamat mencoba!

7. Canva

canva
Canva

Salah satu aplikasi editing yang saat ini makin Hype adalah Canva.

Canva tersedia gratis pada platform web base (browser) maupun pada perangkat mobile pada sistem operasi Android dan iOS.

Canva merupakan platform desain yang memungkinkan Anda membuat grafis sosial media, slide presentasi, poster, dan berbagai macam konten lainnya.

Kelebihan dari Canva ini adalah Anda bisa menggunakan berbagai macam template profesional, meskipun ada template dan fitur yang premium, dengan fitur gratisnya pun Anda bisa menghasilkan karya yang bagus.

Selain itu cara kerja dari canva ini sangat sederhana, hanya memanfaatkan fitur drag and drop serta beberapa customisasi, Anda sudah bisa menghasilkan sebuah karya.

Jika Anda merupakan seorang konten kreator atau sosial media administrator yang bertugas membuat konten-konten kreatif setiap harinya, dengan bantuan canva ini, pekerjaan Anda akan lebih cepat dan mudah.

Tidak ada lagi blank ide dan pusing memikirkan ingin membuat desain seperti apa, karena dengan melihat template saja maka Anda bisa sedikit melakukan modifikasi dan konten Anda pun selesai.

Untuk bisa menggunakan canva, Anda harus registrasi terlebih dahulu agar file-file atau project Anda bisa nantinya diakses kembali.

Baca juga: 8 Aplikasi editing foto terbaik di Android dan iOS

8. Paint.NET

paint.net
Paint.net

Jika Anda sedang mencari software yang terlihat familiar seperti photoshop dengan beberapa tab serta dengan fitur layering, maka Paint.NET merupakan pilihan yang tepat.

Dengan tampilan user interface yang hampir mirip dengan Photoshop ini akan memudahkan kita beradaptasi menggunakan software ini.

Jika dilihat sekilas Paint.NET mirip perpaduan antara software Paint dari Microsft dan Photoshop dari Adobe.

Selain itu fitur pada Paint.NET juga tidak bisa dianggap remeh, ada berbagai fitur menarik diantaranya, blur, sharpen, emboss, red eye, dan masih banyak fitur lainnya.

Namun sayangnya Paint.NET hanya tersedia pada sistem operasi Windows saja.

9. Seashore

Jika Anda adalah seorang maniac dari product apple, maka software Seashore merupakan pilihan untuk Anda. Seashore tersedia hanya pada platform MacOS.

Jika Anda perhatikan, Seashore ini lebih difokuskan pada pengguna yang masih tahap awal atau awam menggunakan software editing.

Karena user interfacenya pun terlihat masih sederhana.

10. Sumopaint

sumopaint
Sumopaint

Daftar software alternatif Photoshop yang gratis terakhir adalah Sumopaint.

Sumopaint merupakan aplikasi berbasis website yang juga sangat mirip dengan Photoshop, terdapat fitur layer serta tool-tool yang juga sangat mirip dengan Photoshop, fitur adjusments dan filter yang disediakan juga cukup lengkap.

Hal yang menjadi keunggulan dari Sumopaint ini adalah user interfacenya yang sangat bersih dan rapi, serta tool dan fiturnya seperti yang merupakan pilihan terbaik yang ada pada Photoshop CC.

tampilan utama sumopaint
Tampilan utama sumopaint

Seperti pada fitur efek blur terdapat opsi gaussion blur, radial blur, tilt shift dan blur. Pada menu adjusment diantaranya terdapat opsi Brightness/Contrast, color balance, color temperature, hue/saturation, vibrance, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah itu dia 10 alternatif program editing sebagai alternatif software photoshop.

Saat ini kembali kepada diri Anda pribadi, apakah Anda hanya berniat dan cocok dengan Photoshop dengan segala fiturnya yang melimpah namun dengan harganya yang lumayan atau ingin beralih ke yang gratis namun fiturnya tidak selengkap Photoshop?

Tentu saya tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut, hanya diri Anda sendiri yang bisa memustuskan.

Manapun software yang nanti Anda putuskan, intinya adalah sering-seringlah praktek dan coba fitur yang tersedia hingga Anda menjadi seorang ahli.

Terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai dan semoga bermanfaat.

Ya Gampang, no ruwet-ruwet.

No ratings yet.

Please rate this

Summary
10 Program Editing Gratis Alternatif Photoshop
Article Name
10 Program Editing Gratis Alternatif Photoshop
Description
Apakah saat ini Anda sedang mencari Alternatif software editing yang serupa atau mirip dengan Photoshop? Nah pada artikel kali ini saya akan membagikan rekomendasi 10 alternatif software Photoshop yang tentunya gratis.
Author
Publisher Name
Ya Gampang
Publisher Logo
Avatar

I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *