Ya Gampang

Yagampang.com adalah situs yang menyediakan informasi keuangan, bisnis, dan juga tutorial seputar photoshop, Ya Gampang, no ruwet-ruwet.

7 Software Photo Editor Gratis Terbaik Tahun 2020

7 Software Photo Editor Gratis Terbaik Tahun 2020

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari software editing photo gratis, maka artikel ini sangat tepat untuk Anda.

Seperti yang kita ketahui kalau Adobe Photoshop CC adalah software editor yang handal dan memiliki segudang fitur berlimpah, namun sayangnya Anda harus mengeluarkan biaya berlangganan setiap bulannya?

Pada artikel ini saya telah rangkum software-software yang beberapa diantaranya memiliki fitur hampir mirip dengan Adobe Photoshop dan tentunya gratis.

Okey langsung saja simak rekomendasi software edit foto gratis dibawah ini.

Berikut daftar photo editor gratis terbaik:

1. GIMP

GIMP-Software
GIMP Software

Pada urutan pertama ada GIMP atau GNU Image Manipulation Program. GIMP merupakan software gratis dan open source yang memiliki fitur-fitur premium.

Karena GIMP ini juga merupakan software open source, jadi akan selalu ada update fitur dari berbagai pihak yang ingin menyempurnakan segala fitur yang ada dan menambahkannya secara berkala.

Software Photo editing ini saya tempatkan pada urutan pertama karena fitur-fitur yang ada di photoshop pun tersedia pada software ini.

Antara lain ada fitur yang paling penting yaitu layers, kemudian masks, levels, curve, clone stamp, healing tools, membuat brush dengan bentuk yang bisa dikustomisasi, mengatur perspective, wrap, dan masih banyak lagi fitur premium yang diboyong ke software GIMP ini.

Dengan komunitas pengguna dan developer GIMP yang sangat besar, GIMP akan terus mengalami peremajaan, semakin bertambah banyak plugin serta tool-tool yang tersedia juga akan semakin bermanfaat. Hal ini tentunya sangat menguntungkan kita sebagai users.

GIMP bisa Anda install pada perangkat dekstop dengan sistem operasi microsft windows, Mac OS, dan tentunya GNU/Linux.

Jika Anda tertarik ingin langsung memiliki software editor GIMP ini, Anda bisa langsung download di situsnya pada link gimp.org.

2. Canva

canva-web-base
Canva web base

Kemudian software editor foto yang kedua adalah Canva. Canva merupakan software editing yang tersedia pada perangkat Android, iOS, dan tersedia pada platform online (web base) pada situs canva.com.

Jadi bagi Anda yang melakukan editing pada PC, Anda bisa langsung mengedit foto pada browser Anda, seperti pada google chrome, mozila firefox, dan browser-browser yang lain.

Canva ini cocok digunakan untuk memprodusksi konten atau karya seperti poster, cover sosial media, postingan sosial media, flyers, slide presentasi, infographic, dan masih banyak lagi.

Cara kerja dari software Canva ini juga sangat sederhana, Anda hanya perlu melakukan drag and drop saja.

Jadi sangat mudah dan cocok bagi Anda yang selama ini memproduksi konten-konten di sosial media secara cepat dengan hasil yang menakjubkan.

Jika Anda ingin melakukan edit foto online tanpa aplikasi, maka canva adalah platform yang tepat untuk Anda.

Langsung akses canva di linknya canva.com.

3. Pixlr

Pixlr
Pixlr

Yang ketiga adalah software editing yang basisnya hampir sama dengan canva, yaitu tersedia pada perangkat Android dan juga web base.

Namun perbedaannya adalah Canva user interfacenya sangat sederhana dan bisa digunakan hanya dengan cara drag and drop, berbeda dengan Pixlr.

Pixlr ini user interfacenya seperti GIMP, dengan berbagai fitur dan tool yang lumayan lengkap, selain itu juga terdapat fitur layer yang begitu berguna.

Pixlr tersedia pada 2 versi, yaitu versi pertama dengan fitur yang lebih sedikit yaitu Playful Pixlr X untuk memudahkan orang awam mengoperasikan dan membuat sebuah manipulasi sederhana.

Sedangkan versi yang kedua yaitu Advanced Pixlr E merupakan versi yang menampilkan seluruh fitur dan tool yang tersedia, ini sangat cocok untuk Anda yang sudah profesional untuk melakukan editing.

Jika Anda tertarik ingin mencoba langsung, Anda bisa mengunjungi situsnya pada Pixlr.com

Baca juga: Aplikasi editing foto terbaik untuk Android dan iOS

4. Fotor

software fotor gratis
software fotor gratis

Jika Anda membutuhkan editor foto yang mudah dan cepat, dengan beberapa fitur sederhana, maka Fotor bisa Anda pilih.

Fotor tersedia pada perangkat dengan sistem operasi windows yang saat ini telah dirilis versi 3.6.3 dengan ukuran 256 MB, selain itu Fotor juga tersedia pada platform web dan juga pada perangkat mobile dengan sistem operasi Android.

Fotor lebih cocok untuk membuat efek warna pada foto agar terlihat lebih stand out, beberapa fitur seperti curves dan levels tersedia pada fotor, namun kekuranganya ialah tidak terdapat fitur atau tool-tool premium layaknya Photoshop atau GIMP.

Jika Anda tertarik ingin mencoba Fotor, Anda bisa langsung mendownloadnya pada situs Fotor.com

5. Photo Pos Pro

photo pos pro software
photo pos pro software

Software ini tidak seterkenal editor gratis lain seperti GIMP atau Pixlr, namun software Photo Pos Pro ini merupakan salah satu foto editing software dengan kualitas yang memukau dengan berbagai kelebihan peningkatan dan tampilan yang sederhana pada foto Anda.

Dengan Photo Pos Pro Anda bisa dengan mudah dan mulus melakukan manipulasi foto.

Selain itu Anda bisa membuat artwork, edit, meningkatkan, dan melakukan manipulasi digital pada foto yang Anda miliki dan membuatnya lebih terlihat eye-catching.

Pada software ini juga tersedia 2 pilihan yaitu tampilan untuk beginner atau pemula dan juga mode user interface advanced bagi yang sudah ahli dan terbiasa menggunakan software photo editing sejenis.

Photo Pos Pro saat ini hanya tersedia pada sistem operasi Microsft Windows saja, Photo Pos Pro juga tidak tersedia secara cross platform seperti software-software diatas yang tersedia online atau web base dan Android.

Jika Anda ingin mengunduh Photo Pos Pro, Anda bisa langsung meluncur ke situsnya di Photopos.com.

6. PhotoScape X

PhotoScape X Software
PhotoScape X Software

PhotoScape X merupakan software editing all in one yang menyediakan berbagai fitur menarik diantaranya seperti Photo Viewer, Editor, Cut Out, Batch, Collage, Combine, Create GIF, Color Picker, Screen Capture, RAW images dan masih banyak lagi yang lainnya.

User interfacenya sedikit berbeda dengan kebanyakan foto editor pada daftar ini, yang umumnya tool-tool terletak pada bagian kiri, namun pada PhotoScape X ini terletak pada bagian sidebar kanan.

Fitur yang mungkin akan dicari oleh orang-orang adalah fitur Batch-nya seperti batch edit, merubah format sekaligus seperti .gif, .jpg, dan .PNG secara bersamaan, kemudian ada batch resize, batch collage, dan masih banyak lagi.

PhotoScape X tersedia pada sistem operasi Windows 10 dan MacOS 10.12 atau diatasnya.

Bagi Anda yang saat ini menggunakan sistem operasi Windows XP, 7, 8, Anda harus menggunakan versi PhotoScape versi 3.7.

Anda bisa langsung menuju situs PhotoScape X di x.photoscape.org

Baca juga: 10 Proram editing gratis alternatif Photoshop

7. Paint.NET

paint.net software
paint.net software

Paint.NET merupakan aplikasi edit foto pc gratis terbaik pada daftar terakhir.

Keunggulan software edit foto gratis Paint.NET dari software editor pada daftar 7 aplikasi edit foto pc gratis terbaik ini adalah dari segi kemudahan penggunaanya.

Kemudahan dalam segi user interface dan pengoperasian merupakan satu fokus utama yang menjadikan software ini menjadi terlihat menonjol.

Jika ditelaah dari namanya yaitu Paint.NET yang hampir sama dengan software Paint bawaan windows, sebenarnya software Paint.NET ini dimaksudkan untuk menggantikan software paint tersebut.

Namun Paint maupun Paint.NET memiliki fungsinya masing-masing. Paint.NET tentunya lebih layak untuk digunakan dalam hal editing, karena tersedia beberapa fitur dasar seperti curve dan layer.

Meskipun tampilannya yang agak lawas alias jadul, namun dari segi fungsionalitas dan kemudahan pengoperasian, software ini sangat ideal untuk digunakan.

Saat ini Paint.NET hanya tersedia pada perangkat dengan sistem operasi Windows.

Nah itulah dia 7 software edit foto gratis terbaik pada tahun 2020 ini.

Jadi mana menurut Anda software yang cocok dengan diri Anda?

Tentunya Anda bisa langsung mencoba satu-persatu software pada daftar diatas, dan Anda sendiri yang menentukan pada software mana Anda jatuh cinta.

Sekian dari artikel ini dan semoga Anda mendapat wawasan dan ilmu baru.

Terima kasih, Ya Gampang, no ruwet-ruwet.

No ratings yet.

Please rate this

Summary
7 Software Photo Editor Gratis Terbaik Tahun 2020
Article Name
7 Software Photo Editor Gratis Terbaik Tahun 2020
Description
Pada artikel ini saya telah rangkum software-software yang beberapa diantaranya memiliki fitur hampir mirip dengan Adobe Photoshop dan tentunya gratis.
Author
Publisher Name
Ya Gampang
Publisher Logo
Avatar

I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

3 thoughts on “7 Software Photo Editor Gratis Terbaik Tahun 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *