Untuk Investasi Pilih Emas Batangan atau Perhiasan?

https://www.yagampang.com/wp-content/uploads/2021/02/Untuk-Investasi-Pilih-Emas-Batangan-atau-Emas-Perhiasan.jpg

Sudah bukan sebuah rahasia jika emas memang menjadi salah satu pilihan investasi yang menarik, karena harganya yang cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Namun hal yang masih menjadi pertanyaan di benak Anda adalah lebih baik memilih emas batangan atau emas perhiasan untuk investasi?

Nah pada artikel ini akan menjelaskan mana yang lebih baik.

Jika Anda akan terjun untuk berinvestasi emas, pastinya Anda sudah menyadari kalau investasi emas ada yang berbentuk emas batangan dan emas perhiasan.

Kedua tipe emas itu pasti mempunyai kerakteristik dan keunggulannya masing-masing, di mana Anda harus memilih tipe emas mana yang terbaik untuk investasi yang akan Anda kerjakan.

Dalam melakukan penyeleksian bentuk emas, Anda harus benar-benar memperhatikannya, karena dari bentuk emas yang Anda pilih tersebut sangat berpengaruh kepada imbal hasil investasi Anda nantinya.

Sejumlah besar orang memilih untuk melakukan investasi emas berbentuk batangan, karena memberikan keuntungan, namun jika Anda hanya berdasarkan suka memakai perhiasan, makan Anda dapat memilih emas dengan bentuk perhiasan. Hal ini bergantung kepada niat dan juga keadaan keuagan pribadi yang Anda miliki.

Baik emas berbentuk perhiasan atau emas berbentuk batangan, ke-2 nya akan memberi nilai yang lain dalam investasi yang Anda kerjakan. Pikirkan beberapa point di bawah ini saat sebelum pilih salah satunya antara ke-2 nya:

1. Arah Investasi yang akan Anda kerjakan

emas batangan atau emas perhiasan
emas batangan atau emas perhiasan

Hal pertama yang patut untuk Anda ketahui ialah berkenaan dengan tujuan Anda melakukan investasi tersebut, janganlah Anda sampai salah memilih dan tidak memperoleh keuntungan optimal di periode mendatang.

Bila jangkan waktu investasi Anda lumayan panjang, misalkan 5 sampai 10 tahun.

Maka sebaiknya Anda memilih untuk lakukan investasi berbentuk emas batangan saja, nilai jualnya termasuk konstan jika dibandingkan dengan emas perhiasan.

Emas dengan bentuk perhiasan banyak menghabiskan biaya dalam proses pembuatannya yang cenderung susah, namun dalam jangka waktu panjang ketika Anda ingin menjual emas perhiasan tersebut, harga ongkos pengerjaan tersebut tidak akan dihitung atau termasuk harga jual.

Yang dihitung dari perhiasan tersebut mungkin hanya kadar emas yang terkadung saja.

Baca selengkapnya: Cara buka tabungan emas

2. Harga di pasar

Harga emas terus berjalan di pasar saat Anda akan melakukan investasi berbentuk logam mulia ini.

Harganya cenderung fluktuatif dengan kenaikan dan penurunan yang signifikan, sebelum Anda memulai membeli emas untuk investasi, Anda harus memilih time frame yang tepat untuk membeli emas.

Perlu Anda ingat juga, jika Anda membeli emas batangan, harga beli lebih besar dari harga jual, jadi pertama kali Anda membeli emas, Anda pasti akan rugi sekitar 5 atau bahkan 10 persen.

Nah dengan menentukan waktu yang tepat untuk membeli emas, minimal Anda akan cepat untuk atau minimal balik modal dalam waktu yang lebih singkat.

3. Tempat Beli yang Aman

Ini bisa menjadi hal yang penting untuk Anda pikirkan, terlebih bila Anda punya niat untuk membeli emas berbentuk perhiasan. Janganlah sampai Anda beli emas palsu atau mungkin dengan kandungan yang tidak sesuai dengan harga yang Anda bayarkan, karena itu yakinkan Anda beli emas pada tempat / toko emas yang paling dipercaya saja.

Sebisa mungkin hindarkan membeli emas bentuk perhiasan pada toko-toko yang tidak kredibel, seperti tokonya tidak memiliki izin dari badan hukum, seperti PT., CV., maupun UD.

Emas Perhiasan

Emas Perhiasan
Emas Perhiasan

Sebagian besar orang pasti menyenangi perhiasan, khususnya kaum hawa, dan hal itu jadi salah satu argumen kenapa beberapa orang menyenangi investasi emas berbentuk perhiasan.

Kecuali melakukan investasi, emas berbentuk perhiasan dapat dipakai sebagai aksesori yang akan menambahkan nilai martabat atau kewibawaan seorang. Emas mempunyai nilai yang tinggi, hingga pas sebagai perhiasan dalam mendukung penampilan.

Emas berbentuk perhiasan akan lebih gampang didapat, bila dibanding dengan emas berbentuk batangan.

Ada beberapa toko emas yang jual emas berbentuk perhiasan, tidak cuma di kota besar saja, tetapi beberapa toko itu bahkan juga dapat diketemukan dengan gampang di sebagian besar daerah kecamatan yang termasuk lumayan jauh dari perkotaan.

Dengan demikian, orang lebih gampang membeli atau bahkan menjual kembali emas yang mereka punyai.

Investasi berbentuk perhiasan masih lumayan banyak dilaksanakan sampai sekarang, walau hal itu bisa tidak memberi keuntungan yang optimal.

Selalu ada peluang bagi Anda untuk memperoleh emas perhiasan palsu di pasaran, karena tidak banyak orang mempunyai ketrampilan dalam mengetahui kandungan emas yang mereka beli.

Karena itu penting untuk Anda menimbang secara baik tempat di mana Anda akan membeli perhiasan emas itu, selalu cermati kandungan emas yang Anda beli, supaya Anda tidak mengalami beberapa kerugian atas investasi yang Anda kerjakan.

Emas berbentuk perhiasan akan dikenai beberapa ongkos pengerjaan yang termasuk cukuplah besar.

Tidak main-main, jumlah ongkos pengerjaan ini sekitar di antara 10 – 20% dari nilai emas tersebut, sangat jauh dari emas dengan bentuk batangan.

Beberapa toko perhiasan terkenal bahkan juga mengaplikasikan beberapa ongkos pengerjaan hingga 40% lebih pada perhiasan mereka. Ini pasti jumlah yang besar sekali, kan?

Beberapa ongkos pengerjaan yang dikenai toko perhiasan itu tidak dihitung saat Anda jual kembali perhiasan emas yang Anda punyai.

Pada umumnya toko emas hanya akan menghargai emas perhiasan Anda berdasarkan berat dan kandungan emas pada perhiasan Anda tersebut. Sehingga harga yang Anda bayarkan dari ongkos pembuatan perhiasan tersebut tidak dihargai.

Nah, untuk menangani hal seperti itu, selalu pikirkan tipe perhiasan yang tidak begitu susah, karena makin susah bentuk atau proses pembuatan sebuah perhiasan, maka semakin tinggi ongkos pembikinannya.

Jangan sampai Anda bayar beberapa ongkos pengerjaan yang mahal, sementara beberapa waktu selanjutnya Anda jual kembali perhiasan itu pada harga yang tentu saja lebih rendah dari harga beli yang Anda keluarkan.

Emas Batangan

Emas Batangan
Emas Batangan

Investasi berbentuk emas batangan masih menjadi pilihan yang terbanyak saat ini.

Ini adalah alasan tertentu bagi Anda untuk memilih emas batangan kelak.

Emas batangan dipandang seperti wujud investasi yang bagus dilaksanakan dalam periode panjang, karena harga jual kembalinya termasuk tinggi dan konstan.

Kemurnian emas batangan lebih terjaga karena tiap pembelian yang dilaksanakan akan dibarengi dengan sertifikat yang meliputi: nomor id, berat, ukuran dan tingkat kandungannya. Tidak seperti emas perhiasan yang terkadang tidak memiliki sertifikat jika Anda membelinya di pasar.

Ini pasti jadi alasan tertentu untuk Anda saat menentukan investasi ini, karena beberapa uang yang Anda keluarkan makin lebih terjaga dan Anda dapat melakukan investasi dengan perasaan aman.

Tetapi meskipun begitu, tidak seluruhnya orang mempunyai akses yang gampang untuk melakukan investasi berbentuk emas batangan ini khususnya pada harga emas yang makin mahal tiap harinya.

Secara eksklusif pemerintahan memang mempunyai service pemasaran emas batangan lewat PT. Antam, tetapi cuman di sejumlah kota besar saja yang ada gerai atau butik PT. Antam tersebut.

Bahkan juga walau pegadaian dan beberapa bank memberi service pemasaran emas batangan, hal itu masih susah dijangkau oleh seluruh orang, khususnya untuk mereka yang tinggal di wilayah dan jauh dari pusat perkotaan. Ini jadi masalah tertentu untuk warga agar dapat melakukan investasi berbentuk emas batangan.

Sehingga kini banyak hadir website-website yang menjual emas batangan secara online.

Baca: Cara menabung emas online di pegadaian

Sesuaikan dengan Arah Investasi

mending emas batangan atau perhiasan
mending emas batangan atau perhiasan

Sampai sekarang ini, investasi berbentuk emas tetap jadi satu bentuk investasi yang banyak diminati.

Baik investasi berbentuk emas batangan atau emas perhiasan, keduanya nya pasti mempunyai keunggulan dan kekurangan tertentu seperti yang dijabarkan diatas.

Bila Anda mempunyai beberapa dana yang lumayan besar dan mempunyai tujuan untuk lakukan investasi periode panjang, maka emas batangan adalah opsi yang tepat.

Dengan kedua opsi bentuk emas untuk investasi tersebut, sehingga dapat menyadarkan Anda mana emas yang lebih baik untuk Anda beli sehingga akan mendatangkan profit atau keuntungan di masa mendatangan.

Nah itulah penjelasan mengenai pemilihan emas batangan atau perhiasan untuk investasi.

Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai dan semoga bermaanfaat.

Ya Gampang, no ruwet-ruwet.

No ratings yet.

Please rate this

You May Also Like

Avatar

About the Author: I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *