Ya Gampang

Yagampang.com adalah situs yang menyediakan informasi keuangan, bisnis, dan juga tutorial seputar photoshop, Ya Gampang, no ruwet-ruwet.

Cara Jualan Di Online Shop Tanpa Modal | No Clickbait

Cara Jualan Di Online Shop Tanpa Modal | No Clickbait

Pasti Anda bertanya-tanya bagaimana sih caranya jualan online tanpa modal?

Sekarang tidak ada namanya yang tidak mungkin, hampir semua hal yang Anda pikirkan mungkin untuk dilakukan, tinggal kembali ke diri Anda pribadi, jualan tanpa modal memang benar-benar bisa dilakukan dengan mudah, bahkan bisa menjadi pekerjaan yang sangat menyenangkan.

Di era digitalisasi ini, hampir semua hal selalu berkaitan dengan gadget yang Anda miliki, salah satu contohnya adalah berbelanja, dulu kebanyakan orang berbelanja ke mall atau kios-kios, tapi seiring dengan pesatnya perkembangan zaman. Customer menginginkan kegiatan berbelanja yang lebih praktis dan mudah. Maka dari itu terciptalah usaha dalam bidang online shop ini.

Okey, sebelum saya membahas lebih jauh mengenai online shop, apakah Anda sudah tahu perngertian dari online shop itu sendiri?

Online shop adalah suatu pembelian barang maupun jasa melalui media online atau internet. Dengan adanya online shop seorang pembeli bisa membeli barang maupun jasa tanpa bertemu penjual atau penyedia jasa tersebut. Biasanya produk yang dijual terdapat pada website maupun aplikasi mobile yang dimanfaatkan penjual sebagai media promosi.

Bisnis online shop saat ini bisa Anda lakukan tanpa modal, loh kok bisa? Biasanya orang memerlukan modal besar untuk memulai bisnis karena perlu stok banyak barang, namun bagaimana jika Anda jualan tanpa perlu menyetok barang? Kedengarannya mustahil bukan?

Bisnis menjual barang tanpa menyetok barang ini dinamakan dropship. Anda yang menjalankan bisnis ini disebut sebagai dropshipper, dimana dalam bisnis ini Anda berperan sebagai seorang penghubung antara pembeli dengan supplier.

Pertama pembeli akan melakukan pemesanan produk ke Anda, kemudian Anda sebagai penjual melakukan pengiriman data pembeli, seperti nama, alamat jelas, serta nomor telepon dan melakukan transfer dana ke supplier atau distributor (follow up), kemudian supplier atau distributor mengirimkan produk ke alamat pembeli dengan nama toko Anda atau nama pribadi Anda.

Sebenarnya bisnis dropship ini tidak sepenuhnya tanpa modal, tapi lebih baik saya katakan minim modal, hanya dengan bermodalkan gadget seperti smartphone atau laptop serta koneksi internet, Anda sudah siap dan sangat bisa untuk menghasilkan uang via bisnis online shop sebagai dropshipper ini.

Bagaimana tahapan memulai bisnis online sebagai dropshipper ini?

5 Tahapan mulai berjualan dengan model bisnis dropship

Menentukan produk yang ingin dijual.

Produk baru yang ingin di jual
Produk baru yang ingin di jual

Ciri-ciri produk yang bagus untuk dijual online

1. Bertahan lama

Ciri-ciri produk yang baik untuk dijual pertama adalah bertahan lama / tidak cepat kadeluwarsa (expired), pastinya Anda tidak ingin menjual produk yang dalam waktu sekejap akan expired, jika produk sampai di tangan customer, dan kebetulan produk tersebut kadeluwarsa, tentunya akan menurunkan citra brand atau toko yang Anda bangun, salah satu contohnya adalah produk makanan, hindari menjual makanan yang cepat expired.

2. Tidak tergerus oleh perkembangan zaman

Ciri produk bagus yang kedua adalah tidak tergerus oleh cepatnya perkembangan zaman, carilah produk-produk spesifik yang selalu up to date dan tidak punah oleh cepatnya perkembangan zaman.

Contoh produk yang selalu up to date adalah gadget atau smartphone, namun tentunya Anda akan bingung dimana tempat mencari supplier yang menyediakan produk sejenis ini.

Jika Anda menjadi seorang dropshipper produk gadget sangat cocok untuk dipilih, namun jika Anda menjadi reseller atau melakukan stok barang sendiri, produk gadget sangat tidak direkomendasikan.

Ambil saja contoh smartphone, jika produk smartphone tersebut tidak laku dalam jangka waktu yang lama, maka produk tersebut nilainya akan turun dan akan tergantikan oleh produk keluaran terbaru, sehinnga produk lama akan susah laku. Meskpun laku Anda harus melakukan promosi seperti memberikan diskon, meskipun risikonya Anda akan merugi.

3. Bila rusak mudah diperbaiki

Produk bagus untuk Anda jual ketiga adalah meskipun dalam keadaan rusak, tapi masih mudah untuk diperbaiki oleh customer. Minimal bisa digunakan dengan baik meskipun bentuknya sudah tidak utuh atau sempurna lagi.

Atau jika produk tersebut rusak, kerusakan tersebut tidak terpengaruh banyak terhadap peforma keseluruhan produk.

Contohnya produk yang mudah untuk diperbaiki adalah pakaian, para ibu-ibu pastinya suka dengan pekerjaan jahit-menjahit.

4. Spesifik dalam memecahkan masalah

Produk yang bagus juga dapat bermanfaat dan mampu memecahkan masalah yang dimiliki oleh customer. Anggap saja customer memiliki kasus muka yang berjerawat, Anda bisa mencari supplier yang menjual obat / krim anti jerawat yang berkulitas.

Dengan memcahkan masalah spesifik, akan membuat produk yang Anda pasarkan bisa laku lebih mudah.

5. Pembeli mendapatkan kesenangan

Pembeli mendapatkan kesenangan
Pembeli mendapatkan kesenangan

Yang terakhir adalah ketika seoarang pemebli sudah menerima barang tersebut, pembeli akan bahagian dan juga senang, jika begitu sangat mudah untuk memicu pembeli untuk memberikan rating atau fedback positif terhadap produk yang Anda jual.

Feedback atau ulasan dari pembeli juga sangat membantu demi kelangsungnan dan juga perkembangan bisnis Anda, mungkin Anda akan mengetahui hal apa saja yang perlu ditingkatkan dan hal apa yang perlu dihilangkan pada produk maupun pelayanan Anda.

2. Mencari supplier terpercaya

Menentukan supplier atau distributor
Menentukan supplier atau distributor

Setelah Anda mendapatkan produk yang sekiranya cocok untuk Anda jual, tahapan selanjutnya yang harus Anda tempuh adalah mencari seorang supplier ataupun distributor.

Pada tahapan ini sangat penting, Anda harus benar-benar memilih supplier dengan tepat dan juga terpercaya, karena jika tidak, akan sangat berdampak pada perkembangan bisnis Anda.

Cara memilih supplier yang tepat serta jujur adalah coba pada saat pertama kali lakukan order ke alamat Anda sendiri, jika memang produk yang di pesan tersebut sama dengan yang Anda pesan, tanpa ada embel-embel tambahan dari supplier, dan memang benar mengatasnamakn toko atau nama Anda pribadi, berarti supplier atau distributor tersebut layak untuk Anda ajak bekerjasama.

Salah satu supplier yang bisa Anda pertimbangkan adalah Rocket Bali, brand Rocket Bali adalah salah satu brand lokal yang menjual kemeja khas pantai, produk kemeja yang dijualpun memiliki kualitas yang bagus serta unik dari supplier lainnya.

Mungkin supplier yang satu ini bisa Anda pertimbangkan. Jika Anda tertarik ingin menjadi dropshipper kemeja dengan brand Rocket Bali ini, Anda bisa chat adminnya langsung via Whatsaap Mesengger di nomor 081238685310.

3. Memilih platform yang bagus untuk berjualan

Memilih platform penjualan
Memilih platform penjualan

Setelah mendapatkan produk dan juga supplier, tahapan selanjutnya adalah menentukan platform berjualan guna memasarkan produk tersebut. Apakah Anda ingin memasarkan produk tersebut di marketplace, social media, atau media promosi lainnya?

Tergantung pilihan Anda pribadi. Jika Anda belum memiliki banyak basis pengunjung online, Anda bisa memanfaatkan situs marketplace. Marketplace merupakan salah satu ladang yang bagus untuk Anda taburkan produk-produk yang telah Anda dapatkan dari supplier, tipsnya agar produk Anda terlihat berbeda dari supplier adalah lakukan sedikit editing gambar produk tersebut, sehinngga terlihat khas berasal dari toko Anda.

Berikut akan saya berikan list marketplace Indonesia yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan.

  1. Tokopedia
  2. Shopee
  3. Bukalapak
  4. Lazada
  5. Blibli

Selain marketplace, Anda juga bisa memasarkan produk tersebut di sosial media, namun dalam berjualan di sosial media Anda harus memperhatikan etika yang baik agar customer juga nayaman untuk kembali melakukan pembelian. Jangan sampai Anda melakukan tindakan seperti upload produk sekaligus di sosial media. Hal itu tidak baik karena akan sangat menggangu timeline maupun notifikasi dari calon customerAnda, bisa jadi pembeli tersebut tidak akan mengikuti Anda lagi karena jengkel.

Lakukan postingan di sosial media senatural mungkin, hindari kegiatan spamming agar Anda tidak kehilangan calon pembeli (prospek).

Contoh sosial media yang memiliki jumlah user terbanyak adalah Instagram dan juga facebook.

4. Membangun brand pribadi

Membuat branding
Membuat branding

Meskipun Anda menjadi seorang dropshipper, yang mana Anda sendiri tidak memiliki stok produk , tapi sebisa mungkin buatlah persepsi atau pandangan ke publik bahwa Anda benar-benar memiliki produk tersebut. Jika Anda bagus dalam membangun brand (branding), bukan tidak mungkin brand Anda tersebut dikira sudah sangat besar oleh customer, sehingga customer akan lebih percaya bertransaksi kepada Anda.

Hal ini bukanlah tindakan menipu, karena tidak ada pihak yang dirugikan, hal membangun brand ini adalah suatu trik dalam bisnis dropship ini.

1. Membuat website sebagai branding

Cara membuat brand bisa Anda lakukan dengan cara membuat sebuah website, website yang sederhana saja, namun terlihat meyakinkan bagi para customer.

Buat saja web yang menampung foto produk maupun hal-hal pernting yang berkaitan dengan produk yang Anda jual, seperti tips dan trik, tutorial cara menggunakan, atau hal semacam itu.

Anda bisa membuat blog di blogger.com, tapi Anda harus mengganti domain atau nama dari website Anda, dengan nama Anda sendiri atau nama brand Anda. Selain membuat web pada blogger Anda juga bisa memilih opsi membuat web pada CMS (Content Management System) seperti wordpress, yang mana dalam pengaturan konfigurasinya lebih flexibel.

Namun jika Anda sangat awam dan tidak mengerti masalah web-web begini, cara termudahnya adalah membeli langsung web dari web developer, Anda tinggal mengutarakan saja apa yang Anda perlukan pada brand web Anda tersebut. Tentunya Anda harus mengeluarkan sedikit biaya untuk membangun sebuah website.

2. Sosial media khusus brand

Social Media untuk branding
Social Media untuk branding

Selain membuat website brand, Anda juga harus membuat sosial media yang memang khusus diperuntukan sebagai indentitas dari brand Anda. Hal ini akan membuat brand Anda terlihat lebih profesional. Hindari pula memasarkan produk pada akun sosial media pribadi, karena terlihat tidak etis, kemungkinan kerabat atau teman Anda yang tidak nyaman Anda menjual produk akan memblokir Anda dari status pertemenan.

Jadi etika dalam berjualan juga sangat penting ya.

5. Merawat hubungan dengan calon customer atau yang sudah menjadi customer

hubungan dengan customer
hubungan dengan customer

Tips memelihara hubungnan dengan calon customer maupun yang sudah menjadi customer itu cukup mudah, pada dasarnya Anda hanya perlu membuat mereka merasa diakui.

4 Tips memperlakukan customer dengan baik

1. Jawab chat dengan cepat

Siapapun tidak suka menunggu sesuatu terlalu lama, sama halnya ketika ada customer yang menanyakan produk Anda, sebisa mungkin untuk tidak menundanya, segeralah jawab, karena semakin cepat Anda menjawab pesan dari calon customer tersebut. Kemungkinan besar Anda akan mendapatkan konversi dari customer tersebut. Jangan biarkan customer yang potensial tersebut lari ke competitor karena Anda lama menjawab pesannya.

2. Tetapkan gaya bahasa untuk brand Anda

Hal kedua untuk membuat brand Anda unik dan berkarakter adalah menetapkan gaya bahasa pada saat mengobrol (chatting). Gaya bahasa ini juga tergantung dari produk yang Anda jual, apakah Anda perlu menetapkan gaya bahasa yang ramah, santai atau yang terkesan formal atau baku?

Anda sendiri yang patut untuk menentukannya.

3. Jangan libatkan ego

Terkadang ketika kita menjual produk, pasti ada saja calon customer yang menjengkelkan, terlalu berbelit-belit atau hal semacamnya.

Nah sebisa mungkin bagi Anda untuk tidak terpengaruh oleh kata-kata negatif yang disampaikan calon customer tersebut. Jawablah pertanyaan dari calon customet tersebut dengan sepenuh hati dan gunakan struktur kata yang sopan.

Karena calon customer seperti ini cenderung negatif, cobalah untuk tidak terpengaruh oleh pesan yang diberikan, jawablah dengan argumen positif yang Anda miliki.

Cobalah untuk menggali karakternya lebih dalam sehingga produk yang Anda jual bisa laku kepada calon customer dengan karakter tersebut. Biasanya karakter yang banyak bertanya, mengirim pesan bertubi-tubi justru karakter yang sangat potensial.

Jika produk Anda berhasil laku pada customer ini, dan mereka suka, bukan tidak mungkin mereka akan membicarakan produk Anda kepada orang didekatnya. Tentunya ini sangat menguntungkan bagi kelangsungan bisnis Anda.

Jadi poin utamanya, jangan pernah untuk mengabaikan satu calon customer pun.

4. Berikan bonus kepada customer

Jika brand Anda ingin lebih diingat dibenak customer, Anda bisa berikan bonus disamping produk utama Anda. Tidak peduli seberapa harga dari bonus yang Anda berikan tersebut, pastinya customer yang mendapatkan bonus atau kejutan tersebut pasti akan senang.

Selain memberikan bonus, Anda juga bisa memberikan penawaran spesial untuk customer seperti potongan harga atau program gratis ongkir.

Anda juga bisa memikirkan strategi unik untuk meningkatkan ciri khas dari brand Anda pribadi.

3. Lakukan berulang dan terus praktekan

Anda tidak akan bisa sukses jika Anda minim praktek ketika sudah mengetahui beberapa tips yang sudah saya paparkan diatas.

Lakukanlah berulang-ulang hingga menjadi kebiasaan dan terus praktekan hinnga Anda profesional dan siap untuk membuat team penjualan sendiri.

4. Selalu pantau perkembangan brand Anda

Memantau kinerja brand Anda
Memantau kinerja brand Anda

Tahapan penting yang juga perlu Anda perhatikan adalah untuk selalu memantau perkembangan dari brand Anda. Apakah mengalami kenaikan atau penuruan? Atau masih stagnan atau hanya berada pada level tertentu saja tanpa ada fluktuasi, baik itu naik atau turun?

Cara memantau perkembangannya bisa Anda lakukan dengan cara melihat statistik jumlah produk yang laku pada periode tertentu, misalkan setiap bulan atau per minggu. Jumlah kunjungan calon customer atau statistik yang lainnya.

Cara termudah adalah dengan mencoba mencatat berapa produk yang berhasil terjual dan berapa selisih keuntungan yang bisa Anda dapat, Anda bisa menggunakan app seperti qasir yang ada di playstore. Anda juga bisa melakukan pencatatan di software seperti microsoft excel.

Pencatatan ini sangat berguna untuk menentukan tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya bila terjadi sesuatu pada bisnis Anda, menentukan strategi juga lebih mudah. Misalkan jika Anda menjual produk baju, Anda bisa mengambil kesimpulan bahwa motif tertentu laku terbanyak selama periode tertentu, maka Anda bisa mencari produk serupa untuk Anda pasarkan kembali.

5. Update ilmu dari berbagai referensi

Update Ilmu dengan membaca buku
Update Ilmu dengan membaca buku

Jika Anda ingin menjadi seorang profesional tidak hanya dibidang penjualan atau pemasaran, Anda harus tetap melakukan update terhadap keilmuwan Anda.

Baik dengan cara membaca buku, membaca artikel, mendengarkan podcast, atau menonton video youtube yang membuat tingkatan Anda semakin tinggi dari hari ke hari.

Intinya Anda harus tetap belajar dan terus belajar.

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai, semoga Anda bisa menerapkan ilmu yang telah Anda pelajari ini 🙂

5/5 (1)

Please rate this

Summary
Cara Jualan Di Online Shop Tanpa Modal | No Clickbait
Article Name
Cara Jualan Di Online Shop Tanpa Modal | No Clickbait
Description
Berjualan sangat saat ini sudah sangat mudah, bahkan tanpa modal pun Anda sudah bisa menghasilakan uang dari rumah
Author
Publisher Name
Ya Gampang
Publisher Logo
Avatar

I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *