Ya Gampang

Yagampang.com adalah situs yang menyediakan informasi keuangan, bisnis, dan juga tutorial seputar photoshop, Ya Gampang, no ruwet-ruwet.

Cara Membalik Seleksi Di Photoshop

Cara Membalik Seleksi Di Photoshop

Apakah ketika Anda menyeleksi sebuah objek ternyata yang harus Anda seleksi bukanlah objek tersebut, melainkan latar belakangnyalah yang sebenarnya harus Anda seleksi? Mengetahui hal tersebut tentunya Anda akan merasa kesal karena harus mengulang melakukan seleksi pada latar belakang atau objek diluarnya.

Beruntungnya Anda sudah menemukan tutorial cara membalik seleksi di photoshop ini, karena dengan membalik seleksi Anda bisa langsung membuat objek yang sudah Anda seleksi tadi bisa langsung terseleksi pada bagian latar belakangnya.

Caranya sangat cepat dan mudah sekali untuk diterapkan.

Persiapkan gambar terlebih dahulu

Bahan gambar dari unsplash
Bahan gambar dari unsplash

Pertama tentunya Anda harus memiliki sebuah gambar atau photo yang akan Anda jadikan percobaan untuk membalik seleksinya, atau jika Anda saat ini sedang melakukan pengeditan pada photoshop, silahkan Anda langsung scroll kebawah untuk bisa langsung melihat tutorialnya.

Jika Anda belum memiliki bahan untuk Anda seleksi, saya sarankan Anda untuk langsung meluncur ke situs penyedia layanan gambar gratis seperti unsplash.com, pada situs tersebut Anda bisa dengan bebas mendapatkan gambar-gambar berkualitas secara gratis dan tanpa dikenakan royalty.

Software yang digunakan

Disini saya menggunakan software adobe photoshop CC versi 2018, jika Anda menggunakan software adobe photoshop versi lama mungkin akan terdapat sedikit perbedaan, jika saat ini Anda sedang membaca tutorial ini dan menggunakan software photoshop versi lebih baru dari CC 2018 mungkin juga akan sedikit berbeda, namun dari hal teknis semuanya hampir sama.

Okey tanpa banyak basa-basi lagi kita mulai saja tutorial ini.

1. Buka gambar pada photoshop

Buka gambar pada photoshop
Buka gambar pada photoshop

Pertama buka gambar yang sudah Anda miliki pada software photoshop, kalau Anda sudah tahu caranya, Anda tinggal lanjutkan membaca langkah selanjutnya, jika tidak, caranya adalah tekan tombol kombinasi ( Ctrl + O ) pada keyboard untuk membuka file gambar yang sudah Anda download.

Anda bisa langsung klik File > Open untuk membuka gambar, Anda juga bisa langsung melakukan drag (tarik) dan drop (letakkan) gambar pada software photoshop Anda agar lebih cepat.

2. Lakukan selesksi

Seleksi objek
Seleksi objek

Langkah kedua yang perlu Anda lakukan adalah melakukan seleksi pada objek, pada tutorial ini saya menggunakan kaset sebagi objeknya. Anda seleksi dengan tool seleksi yang Anda sukai dan Anda rasa paling mudah, entah itu mengguanakan rectangular marquee tool, lasso tool, magnetic tool, dan tool-tool untuk menyeleksi objek lainnya.

Disini saya menggunakan pen tool untuk menyeleksi objek tersebut karena selain mudah, perngerjaannya juga cepat dan menghasilkan hasil yang rapi. Jika Anda belum mengetahui cara menyeleksi objek dengan pen tool, Anda bisa membaca artikel : Cara seleksi objek dengan pen tool di photoshop ini.

Ketika sisi luar objek Anda sudah terdapat garis hitam putih bergerak, berarti objek tersebut masih dalam keadaan terseleksi.

3. Lakukan Inverse

Select dan pilih inverse
Select dan pilih inverse

Langkah yang terakhir adalah lakukan inverse atau balik seleksi pada objek menjadi seleksi pada background, cara sedikit sulitnya Anda cari menu “Select” diatas, kemudian Anda pilih opsi “Inverse”.

Cara cepatnya adalah dengan menggunakan tombol kombinasi pada keyboard, Anda tinggal tekan saja tombol ( Ctrl + Shift + I), kemudian seleksi akan terbalik ke background secara otomatis.

Lakukan inverse pada seleksi
Lakukan inverse pada seleksi

Anda bisa lihat tanda dari inverse Anda sudah diterapkan adalah terdapat garis hitam putih berjalan pada setiap sisi background. Nah setelah Anda sudah melakukan seleksi dengan inverse, sekarang Anda bisa bebas melakukan manipulasi pada background tersebut, entah itu mengganti backgroundnya maupun menghapusnya.

Sekian dari artikel cara membalik seleksi di photoshop ini, sangat mudah sekali kan? Jjangan lupa untuk selalu mengunjungi yagampang.com ya, karena akan selalu ada update seputar tutorial photoshop yang tentunya bermanfaat bagi Anda.

Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga selesai.

Ya Gampangno ruet-ruet

No ratings yet.

Please rate this

Avatar

I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *