Cara Menjual dan Menaikan Harga Produk Lebih Mahal

Cara Menjual Produk Lebih Mahal

Di era pemasaran digital saat ini semua orang bisa menjadi penjual, dengan adanya platform ecommerce seperti tokopedia, shopee, bukalapak, lazada, dan ecommerce lainnya akan membuat kita sebagai penjual sangat dimudahkan dalam menjual produk yang kita miliki.

Dengan adanya marketplace pula dapat membuat pembeli lebih aman dan nyaman dalam bertransaksi produk yang dijual.

Sekarang hanya dengan bekerja dari rumah saja Anda sudah bisa menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah tanpa perlu bekerja kantoran atau pekerjaan lainnya yang banyak menguras tenaga dan waktu Anda.

Jika Anda ingin masuk di dunia marketplace dan menemukan produk serupa atau produk sama yang Anda jual Anda temukan di toko lain dengan harga murah. Jangan Anda kelabakan dulu, jangan Anda ikut-ikutan untuk membanting harga dengan harga murah mengikuto kompetitor.

Karena dengan harga yang lebih tinggi dari pasaran, produk Anda pun juga bisa terjual.

Nah pasti Anda bertanya, bagaimanakah cara menjual produk dengan harga lebih tinggi atau lebih mahal?

Nah, dibawah ini akan saya berikan bagaimana cara dan kiat-kiat menjual barang dengan harga lebih mahal.

1. Ungkapkan value pembeda dari toko lain

Ungkapkan kelebihan produk
Ungkapkan kelebihan produk

Jika Anda ingin membuat branding produk atau toko Anda lebih bagus, Anda harus bisa membuat pembeda dari produk yang Anda jual. Istilahnya adalah diferensiasi produk.

Saya berikan contoh jika Anda menjual produk baju, maka pembeda dari produk yang Anda jual dengan produk kompetitor bisa dari segi bahan, jahitannya, design yang khas dengan brand Anda, gratis refund, dan hal-hal lainnya yang membuat toko Anda menjadi berbeda dibandingkan dengan produk lainnya.

Menentukan value atau nilai produk kepada customer harganya harus dicocokan terlebih dahulu, valuenya cocok apa tidak dengan customer, pembeda tersebut penting apa tidak. Bandingkan terlebih dahulu.

Silahkan Anda pikirkan sendiri diferensiasi apa yang terdapat pada produk yang Anda jual.

2. Prioritaskan agar customer menjadi tertarik

Prioritaskan customer agar tertarik membeli produk
Prioritaskan customer agar tertarik membeli produk

Cara yang kedua jika Anda ingin menjual produk dengan harga lebih mahal, maka buatlah produk yang Anda jual agar terlihat lebih menarik.

Jika Anda menjual produk secara online, apasih yang dilihat oleh calon customer pertama kali? Pastinya gambar kan?

Maka dari itu buatlah gambar atau photo produk Anda semarik mungkin dan membuat calon customer ingin membeli produk yang Anda jual. Jika Anda memiliki produk tersebut sendiri, maka Anda bisa melakukan foto produk sendiri dan melakukan proses editing sendiri.

Namun jika Anda tidak bisa melakukan itu sendiri, maka Anda bisa untuk menyewa tukang editing profesional atau orang yang spesialis membuat produk Anda terlihat menarik.

Namun perlu diingat ketika membuat produk Anda menarik, namun tetap terlihat asli dan bukan terlihat palsu dimata calon customer.

Maka produk yang terlihat berbeda tersebut bisa Anda jual dengan harga lebih mahal.

Baca juga : Cara berjualan di online shop tanpa modal.

3. Value produk harus menambah margin

Produk yang kita jual dengan harga lebih tinggi tersebut harus bisa menambah margin kita.

Margin profit atau selisih keuntungan harga tersebut tentunya bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk Anda kembali, atau putar kembali menjadi modal usaha. Agar bisnis yang Anda jalankan bisa semakin besar seiring bejalannya waktu.

Cara meningkatkan harga produk bisa Anda lakukan dengan berbagai cara, bisa dengan memberikan free trial, namun dengan Anda memberikan free trial, diharapkan customer tersebut bisa melakukan order secara berkelanjutan dengan produk-produk lain yang Anda jual.

Hindari memberi value diskon pada produk yang Anda jual, karena akan mengakibatkan produk Anda terkesan murahan dan juga terkesan tidak laku.

Lakukan survery juga apakah Anda ingin menjual produk tersebut di harga bawah dari pasaran, harga di tengah-tengah, atau berada pada harga atas dengan produk serupa yang ada di pasaran.

Lakukan survey atau research pasar
Lakukan survey atau research pasar

Masing-masing harga tersebut memiliki target marketnya sendiri-sendiri.

Perlu diingat orang membeli produk bukan harnya pada harga saja, melainkan Anda juga harus bisa memahami psikologi tentang kebiasaan calon customer Anda.

Perlu diingat juga kalau bisnis yang baik tersebut menghasilkan profit yang besar atau profitable dan mampu membuat bisnis Anda terus bekembang adalah tujuan Anda.

Jangan sampai Anda bisnis hanya menjual barang saja, barang Anda habis namun minim profit, atau ada orang yang menjual rugi lalu tutup, itu bukan bisnis.

Maka dari itu sebisa mungkin terapkan beberapa poin diatas agar produk Anda bisa dijual dengan harga lebih mahal.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak informasi dan pengetahuan mengenai info seputar bisnis dan keuangan.

Anda bisa berkunjung terus ke situs Yagampang.com ini.

Jika merasa informasi ini bermanfaat, Anda juga bisa bagikan ke teman-teman Anda, atau jika Anda memiliki kritik, saran dan pertanyaan pada artikel kami, Anda bisa sampaikan dikolom komentar dibawah ya. Sekian dan terimakasih.

You May Also Like

About the Author: I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *