Ya Gampang

Yagampang.com adalah situs yang menyediakan informasi keuangan, bisnis, dan juga tutorial seputar photoshop, Ya Gampang, no ruwet-ruwet.

Cara Mudah Dan Cepat Menggunakan Healing Brush Tool

Cara Mudah Dan Cepat  Menggunakan Healing Brush Tool

Healing Brush Tool adalah tool yang digunakan untuk membersihkan noda atau objek yang tidak diinginkan, yang biasanya merusak tampilan estetika dari sebuah gambar atau photo.

Mungkin Anda pernah membaca artikel tentang Cara Menggunakan Spot Healing Brush Tool di situs ini, jika belum silahkan Anda baca nanti.

Healing Brush Tool dan Spot Healing Brush Tool meskipun namanya hampir sama, namun cara penggunaan dari tool ini berbeda, Spot Healing Brush Tool bisa dengan mudah digunakan, karena Anda hanya tinggal mengoleskan kuas pada bagian objek yang ingin dihilangkan dan objek tersebut akan otomatis terhapus atau hilang.

Sedangkan Healing Brush Tool cara penggunannya adalah Anda mencari sample objek terlebih dahulu, kemudian Anda menimpanya agar objek yang tidak Anda inginkan bisa hilang atau tidak terlihat.

Nah, daripada Anda bingun sendiri mengenai penjelasan saya diatas, langsung saja kita praktekkan bersama-sama tutorial cara menggunakan Healing Brush Tool ini.

Cari Gambar Terlebih Dahulu

sumber gambar dari unsplash
sumber gambar dari unsplash

Jika Anda belum memiliki gambar yang akan Anda gunakan untuk praktek menggunakan Healing Brush Tool ini, sebaiknya Anda download terlebih dahulu gambarnya.

Rekomendasi situs penyedia gambar yang menyediakan kualitas gambar Full HD, lengkap, dan bebas royalty salah satunya adalah unsplash.com

Di situs tersebut Anda bisa bebas mencari berbagai pilihan stok gambar atau foto secara gratis, Anda hanya perlu mengetikan kata kunci foto yang ingin Anda download.

Tutorial Menggunakan Healing Brush Tool

Buka Gambar pada photoshop

buka gambar di adobe photoshop
Buka gambar di adobe photoshop

Disini saya menggunakan software Adobe Photoshop CC 2018, jika Anda menggunakan versi lebih lawas dari versi ini kemungkinan akan terjadi sedikit perbedaan.

Pilih File > Open pada menubar diatas, atau Anda bisa menekan tombol shortcut ( Ctrl + O ) pada keyboard.

Kemudian pilih gambar yang telah Anda download atau sudah Anda miliki tadi agar bisa masuk ke workspace Photoshop.

Pilih Healing Brush Tool

pilih healing brush tool
Pilih healing brush tool

Setelah Anda melakukan import gambar pada Photoshop, kemudian Anda pilih Healing Brush Tool, klik kanan pada icon Spot Healing Brush Tool, kemudian dibawahnya terdapat Healing Brush Tool.

Pengaplikasian Healing Brush Tool

Setelah Anda memilih Healing Brush Tool, langkah selanjutnya adalah tekan tombol ( Alt ) dan tahan.

Kemudian klik kiri mouse dan pilih bagian foto yang akan Anda gunakan sebagai penimpa, yang nantinya berguna untuk menutupi bagian objek yang ingin Anda hilangkan.

Setelah itu lepas tombol ( Alt )

Kemudian klik pada bagian objek yang ingin dihapus menggunakan Healing Brush Tool.

Ketika Anda menggunakan Healing Brush Tool ini, Anda hanya menggunakan tombol (Alt + Klik kiri).

Cara Mudah Dan Cepat Menggunakan Healing Brush Tool
Hasil gambar menggunakan healing brush tool

Sampai disini saja Anda pasti sudah bisa menggunakan Healing Brush Tool ini, bagaimana? Sangat mudah kan?

Jika Anda sudah bisa menggunakan Healing Brush Tool ini, Anda juga bisa beralih ke Tutorial Menghapus Objek Menggunakan Patch Tool.

Anda tinggal pelajari saja tutorial tersebut, mungkin kelak Anda akan membutuhkannya ketika dihadapkan dengan projek dan cocok untuk menggunakan Patch Tool tersebut.

Sekian dulu dari artikel Cara Mudah dan Cepat Menggunakan Healing Brush Tool, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca hingga selesai.

Jangan lupa selalu kunjungi Yagampang.com karena akan selalu ada update tutorial seputar photoshop yang tentunya bermanfaat untuk menambah skill Anda.

Ya Gampang

No ruet-ruet.
5/5 (1)

Please rate this

Avatar

I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *