Ya Gampang

Yagampang.com adalah situs yang menyediakan informasi keuangan, bisnis, dan juga tutorial seputar photoshop, Ya Gampang, no ruwet-ruwet.

Cara Mudah Dan Cepat Menghilangkan Mata Merah Di Photoshop

Cara Mudah Dan Cepat Menghilangkan Mata Merah Di Photoshop

Apa penyebab mata merah pada foto?

Sebelum kita membahas cara cepat menghilangkan mata merah pada foto, hal pertama yang harus Anda ketahui adalah apa penyebabnya, dan cara agar Anda tidak mendapatkan foto dengan mata merah menyala layaknya iblis tersebut.

Hal pertama yang menyebabkan mata merah ketika difoto adalah karena flash kamera, ketika mata dalam keadaan normal dan tiba-tiba terkena banyak sinar dari flash kamera secara langsung, maka mata akan terlihat merah pada bagian pupilnya.

Hal kedua yang menyebabkan mata merah adalah karena kurangnya pencahayaan, ketika Anda memotret wajah dalam kondisi yang gelap, maka pupil mata akan otomatis membesar guna melihat dalam keadaan gelap, nah ketika pupil tersebut membesar dan Anda potret, maka hasil foto mata berwarna merah, hal itu dikearenakan cahaya masuk hingga bagian belakang mata yang banyak terdapat pembuluh darah, itulah yang dinamakan Red Eye.

Cara menghilangkan mata merah ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu mengandalkan salah satu tool di photoshop yang berfungsi khusus untuk menghilangkan mata merah. Tool tersebut bernama Red Eye Tool.

Langkah-langkah menghilangkan mata merah dengan Red Eye Tool

1. Siapkan gambar

Foto dengan mata merah yang akan di edit
Foto dengan mata merah yang akan di edit

Pertama siapkan terlebih dahulu foto dengan mata merah yang akan Anda edit.

2. Buka foto di photoshop

Buka foto pada adobe photoshop
Buka foto pada adobe photoshop

Setelah itu import foto tersebut ke software adobe photoshop yang Anda miliki, disini saya menggunakan software Adobe Photoshop CC 2018.

Pilih File > Open, dan pilih foto Anda, Anda juga bisa membuka melalui tombol shortcut pada keyboard, yaitu dengan menekan tombol ( Ctrl + O ).

Agar lebih cepat lagi, gambar yang ada pada windows explorer Anda drag dan drop langsung ke software Adobe Photoshop Anda, caranya klik dan tahan foto, dan arahkan ke software photoshop, tekan shortcut ( Alt + Tab ) untuk menuju ke jendela Photoshop.

3. Pilih Red Eye Tool

Pilih red eye tool
Pilih red eye tool

Setelah Itu Anda pilih Red Eye Tool, mungkin di tampilan Photoshop secara default Anda tidak akan melihat Red Eye Tool, lalu dimana letak Red Eye Tool di Photoshop CC 2018?

Letaknya di Group Spot Healing Brush Tool, Anda tinggal klik kanan pada Spot Healing Brush Tool, kemudian Anda pilih Red Eye Tool.

4. Atur Pupil Size

Atur pupil size
Atur pupil size

Sebelum Anda mulai mengaplikasikan Red Eye Tool pada foto, sebaiknya Anda atur terlebih dahulu Pupil Size, ini berfungsi untuk mengatur ukuran pupil mata yang akan dikoreksi oleh Red Eye Tool.

Sebaiknya Anda atur Pupil Size dengan nilai 50% saja, nilai 50% sudah ideal untuk bintik merah yang terdapat pada keseluruhan pupil.

5. Atur Darken Amount

Atur nilai darken amount
Atur nilai darken amount

Nilai yang perlu Anda atur berikutnya adalah Darken Amount, bagian ini digunakan untuk menentukan tebal atau tipisnya warna sebagai penutup warna merah yang tidak diinginkan, jika mata yang akan Anda atur adalah warna hitam.

Anda bisa memberikan nilai diatas 50%, jika warna pupil mata berwarna selain hitam, Anda bisa turunkan nilai lebih rendah dari 50%, disini Anda bisa menyesuaikan sendiri dengan kebutuhan masing-masing.

6. Mulai seleksi

Setelah itu Anda tinggal seleksi bagian pupil mata yang berwarna merah, kemudian warna dari pupil mata tersebut akan berubah menjadi hitam layaknya manusia normal, kuncinya adalah mainkan nilai dari Pupil Size dan Darken Amount dengan baik sesuai dengan kedaan foto yang Anda miliki.

Mata merah hilang menggunakan red eye tool
Mata merah hilang menggunakan red eye tool

Sampai disini saja tutorial cara menghilangkan mata merah pada photoshop dengan menggunakan red eye tool.

Tentunya sanga mudah untuk dipraktekkan, terimakasih sudah membaca dan mempraktekkan tutorial dari artikel ini hingga selesai, semoga bermanfaat.

Ya Gampang, No ruet-ruet.

5/5 (1)

Please rate this

Summary
Cara Mudah Dan Cepat Menghilangkan Mata Merah Di Photoshop
Article Name
Cara Mudah Dan Cepat Menghilangkan Mata Merah Di Photoshop
Description
Tool khusus pada photoshop ini sangat ampuh untuk menghilangkan efek mata merah baik karena flash kamera maupun karena kurangnya pencahayaan, berikut tutorial cara menghilangkan mata merah pada photoshop.
Author
Publisher Name
Ya Gampang
Avatar

I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hello, perkenalkan saya Ngurah Zena, seorang blogger yang selalu ingin membagi sedikit pengetahuan yang dimiliki seputar photoshop, tips & trik, serta bisnis & keuangan di situs Yagampang,com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *